Sukses

Parenting

Pakai Baju Hitam Kok Terasa Gerah? Bantu Anak Temukan Jawabannya

Fimela.com, Jakarta Banyak pengalaman baru yang bisa didapatkan anak selama belajar di rumah. Yang paling seru tentu saja saat belajar nggak harus terpaku pada buku pelajaran, tapi bisa juga bikin video di luar ruangan yang terasa menyenangkan. Namun saat menggunakan baju hitam di luar ruangan saat siang hari, kok bisa terasa gerah ya? Anak-anak mungkin belum menyadari hal ini, tapi ternyata ada hubungan antara warna pakaian dan energi panas, lho.

Bantu anak temukan jawabannya dalam tayangan Belajar Dari Rumah yang dihadirkan Kemendikbud untuk siswa kelas 5 SD. Intip penjelasannya berikut ini, yuk!

Apa Hubungannya Warna Hitam dan Panas?

Pakai baju warna hitam benarkah bikin tubuh jadi lebih panas saat beraktivitas di bawah sinar matahari? Jawabannya bisa kamu temukan dalam tayangan video bersama Arka, Dida, dan Dio. Saat berada di taman, Arka menggunakan baju warna hitam yang malah membuat tubuhnya terasa panas. Kok bisa sih?

Ternyata, baju warna hitam atau gelap bisa menyerap panas. Jadi, panas dari sinar matahari merambat ke badan dan tidak memantulkannya kembali. Sebaliknya, jika menggunakan pakaian hitam saat malam hari bisa bikin badan terasa kedinginan. Hal ini disebabkan warna hitam menyerap panas dari tubuh kamu. Jadi, jangan sampai salah kostum saat menggunakan pakaian!

Selain itu, di tayangan episode 43 ini teman-teman kelas 5 SD juga banyak belajar kosa kata baru. Seperti jerang, yang punya arti berada di tempat panas atau memanas, dan gerah yang berarti badan yang terasa panas.

Lebih dalam Mempelajari Pecahan

Masih sering dibuat bingung dengan taksiran pecahan? Di tayangan kali ini, teman-teman kelas 5 SD bisa mempelajari lebih banyak tentang taksiran pecahan yang tepat. Sambil melihat Dida membantu ibu membuat kue bolu, ibu menyuruh Dida menakar seperempat kilogram tepung terigu. Jika dari kemasan setengah kilogram, berarti separuhnya digunakan.

Selain itu, Kak Yohana juga mengajak teman-teman memperkirakan berapa air yang menguap jika dibiarkan mendidih hingga 15 menit dan juga menghitung sisa gas yang ada setelah digunakan untuk memasak air. Wah, ternyata banyak materi seru dari tayangan Belajar Dari Rumah kelas 5 SD yang dihadirkan oleh Kemendikbud ya? Yuk, tonton programnya setiap Senin - Jumat jam 10.30 - 11.00 WIB!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading