5 Cara Menjelaskan Arti Puasa Untuk Anak-Anak

Anisha Saktian Putri14 Apr 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 14:00 WIB
Menjelaskan arti puasa pada anak

Fimela.com, Jakarta Seluruh Muslim di dunia tengah menjalakan puasa Ramadan, di mana bulan ini bulan paling suci dalam kalender Islam. Untuk anak-anak, puasa mungkin masih terasa asing dan sulit, oleh karenanya sebagai orangtua harus memperkenalkan arti puasa sedini mungkin.

Melansir compassfostering.com, memperkenalkan anak-anak pada dasar-dasar keyakinan Muslim akan menjadi tempat yang baik untuk memulai menjelaskan apa itu puasa di bulan Ramadan. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjelaskan arti puasa pada anak-anak.

1. Waktu puasa

Mulailah menjelaskan kepada si kecil, kapan waktu puasa. Ramadhan berakhir setelah 29 atau 30 hari, tergantung bulan dan akan diakhiri dengan Idul Fitri yang disebut dengan 'Festival Berbuka Puasa'. Jelaskan berapa waktu lama puasa dalam sehari.

Sebagai pemula, ajarkan anak puasa hingga Zuhur atau tengah hari. Jelaskan pada waktu itu, ia tidak boleh makan dan minum hingga waktunya tiba. Setelah anak kuat, bisa melanjutkan puasa dari Asar bahkan Magrib. Jika anak berhasil puasa, berikan pujian baginya.

2. Ceritakan sejarah singkat Ramadan

Agar anak tertarik puasa, ajarkan mengapa Ramadan itu ada. Seperti bulan dimana Al-Qur'an awalnya diturunkan kepada Nabi Muhammad. Mereka yang menjalankan Ramadhan akan berpuasa setiap hari dari fajar hingga senja. Ini adalah elemen kunci dari keyakinan Islam sebagai bagian dari 'Lima Rukun Islam' yang harus dilakukan setiap Muslim.

3. Melakukan kebaikan

Melatih Anak Berpuasa
Ilustrasi Mendidik Anak Puasa Credit: shutterstock.com

Jelaskan pada si kecil, jika puasa tidak hanya menahan lapar dan haus selama seharian. Melainkan dapat mendekatkan diri kepada ALLAH SWT dengan cara melakukan kebaikan, seperti beramal, meningkatkan ibadah sholat dan mengaji, serta mengontrol diri dengan tidak berkata kasar, tidak sabar, menangis dan berperilaku buruk.

4. Memberikan contoh

Dalam menjelaskan puasa pada anak, memang paling mudah orangtua memberikan contoh. Dengan begitu anak pun akan penasaran dan ingin mencoba. Mulailah ajak anak untuk sahur, hingga berbuka puasa saat magrib tiba. Ajak anak terlibat dalam menyiapkan sahur atau menu buka puasa, hingga mengajak anak untuk melakukan hal seru ketika ngabuburit.

5. Menyehatkan tubuh

Walau menahan lapar dah haus, jelaskan pada anak jika puasa dapat menyehatakn tubuh karena tubuh secara alami akan melakukan detoksifikasi.

Dengan pola makan yang teratur dan gizi yang cukup selama Ramadan, tubuh si Anak akan semakin sehat dan terhindari dari berbagai penyakit.

 

 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓