5 Ciri Anak Cacingan dan Cara Mengatasinya

Anisha Saktian Putri15 Apr 2021, 13:30 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 13:30 WIB
Ciri-ciri anak cacingan

Fimela.com, Jakarta Cacingan menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh anak-anak. Biasanya penyebabnya karena lingkungan yang tidak bersih, anak-anak bermain di tempat yang terkontaminasi telur cacing, hingga kebersihan makanan dan minuman.

Walau tidak tergolong penyakit mematikan, namun cacingan tidak boleh diabaikan karena cacingan dapat menghambat tumbuh kembang si kecil. Ini dapat terjadi karena cacing akan menyerap nutrisi yang harusnya dilakukan oleh usus, hingga dapat menyebabkan anemia.

Beberapa jenis cacing penyebab cacingan yang sering menyerang anak adalah cacing gelang, cacing pita, dan cacing kremi. Agar tidak terlambat dalam mengobatinya, berikut ciri-ciri anak terserang cacingan, melansir berbagai sumber.

1. Sakit Perut

Sakit perut yang disebabkan oleh cacingan biasanya muncul berulang tapi tidak parah. Bila kita sering mendapati si kecil sakit perut, penting untuk segera mencari tahu penyebabnya dan menanganinya.

2. Gatal terus menerus di area anus

Gatal yang terus menerus di area sekitar anus merupakan salah satu tanda cacingan. Intensitas gatal biasanya meningkat pada malam hari atau awal pagi hari saat cacing mencapai anus untuk bertelur. Bila tak segera diatasi, anus akan makin terasa nyeri dan bisa menyebabkan iritasi. Maka perhatikan, apakah si kecil sering mengaruk-garuk di bagian tersebut.

3. Gangguan tidur

Anak Tidur
Ilustrasi/copyright pixabay.com

Sakit perut dan gatal di bagian anus membuat anak gelisah atau tidak nyaman saat tidur.

4. Sering Meludah dan Nafsu Makan Berkurang

Munculnya kebiasaan sering meludah bisa disebabkan oleh peningkatan air liur dalam membuat karena cacing. Bila anak makin sering meludah, coba waspadai gejala cacingan. Cacingan juga bisa ditandai dengan gejala penurunan nafsu makan.

5. Penurunan berat badan dan iritasi di sekitar anus

Kurang nafsu makan, sehingga bisa menyebabkan penurunan berat badan. Karena gatal, akan menyebabkan kemerahan atau iritasi kulit di sekitar anus. Maka orangtua harus lebih memperhatikan tubuh si kecil.

Pada dasarnya, cara untuk menanggulangi cacingan dengan menerapkan pola hidup bersih seperti rutin cuci tangan dengan sabun, potong kuku, mengenakan pakaian bersih, dan menggunakan alas kaki ketika bermain, serta makan minum jangan sembarangan dan mengonsumsi obat cacing.

 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓