5 Jenis Minyak Rambut yang Aman untuk Kulit Kepala Bayi

Kezia Prasetya Christvidya15 Apr 2021, 15:35 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 15:35 WIB
ilustrasi baby oil/Zoia Kostina/shutterstock

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya rambut dan kulit kepala orang dewasa saja yang harus dirawat. Rambut dan kulit kepala bayi harus dirawat dengan benar, agar ternutrisi, tumbuh sehat dan tebal.

Salah satu produk perawatan rambut yang aman digunakan untuk bayi, yaitu minyak rambut yang terbuat dari kandungan bahan alami, yang aman dan tidak menyebabkan kulit iritasi pada kulit kepala bayi.

Minyak rambut ini bisa digunakan 30menit sebelum mencuci rambut bayi. Untuk mengetahui macam-macam minyak rambut untuk bayi, yuk simak artikel berikut ini, yang dilansir dari berbagai sumber:

Perbedaan Minyak Rambut dan Hair Lotion

baby oil-kezo
ilustrasi Baby Oil/279photo Studio/shutterstock

Seringkali minyak rambut disamakan dengan hair lotion. Kedua produk ini bisa digunakan untuk merawat pertumbuhan rambut bayi yang terbuat dari bahan alami. Tetapi kedua produk ini memiliki fungsi dan cara pakai yang berbeda.

Hair oil atau minyak rambut memiliki tekstur minyak, yang berfungsi untuk menutrisi kulit kepala dan rambut bayi, agar rambut cepat tumbuh dengan lebat. Minyak rambut ini digunakan sebelum keramas.

Sedangkan hair lotion atau pelembap rambut, memiliki fungsi untuk melembapkan batang rambut agar lebih lembut, menghindari kerontokan dan mudah diatur. Hair lotion digunakan setelah keramas dan tidak dibilas.

 

Kandungan Alami dalam Minyak Rambut

baby oil
Baby Oil / Sumber: iStockphoto

1. Minyak Jarak

Kandungan alami di dalam minyak rambut untuk bayi yang pertama yaitu minyak jarak. Minyak jarak sering disebut dengan kastor, yang mengandung vitamin E, asam lemak dan omega-9. Minyak jarak ini memiliki fungsi untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebat.

2. Minyak Kelapa

Kerontokan rambut bisa terjadi sejak bayi. Untuk menjaga rambut agar tidak mudah rontok, gunakan minyak rambut yang mengandung minyak kelapa. Karena minyak kelapa ini bisa menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok.

3. Minyak Zaitun

Sudah dari zaman dahulu minyak zaitun dikenal sebagai minyak alami, yang berfungsi untuk melembapkan rambut dan melancarkan sirkulasi darah di kepala. Menggunakan minyak zaitun bisa membuat pertumbuhan kulit bayi lebih sehat dan lebat.

4. Minyak Argan

Sering menggunakan sampo bisa membuat rambut dan kulit kepala bayi menjadi kering. Mom bisa menggunakan minyak argan untuk menutrisi rambut bayi. Karena minyak argan ini berfungsi untuk menghidrasi rambut dan merawat rambut agar berkilau.

5. Minyak Alpukat

Minyak alpukat juga merupakan kandungan bahan alami dalam minyak rambut untuk bayi, yang diperkaya dengan kandungan vitamin A, vitamin D dan vitamin E. Minyak ini bisa melembapkan rambut bayi dan membuat rambut tumbuh lebat.

Rekomendasi Minyak Rambut untuk Bayi

ilustrasi baby oil/Africa Studio/shutterstock
ilustrasi baby oil/Africa Studio/shutterstock

1. Cussons Baby Hair Oil Natural

Rekomendasi minyak bayi yang pertama yaitu Cussons Baby Hair Oil Natural. Minyak rambut ini memiliki dua varian yang fungsinya berbeda. Untuk varian Natural Hair Oil Candle Nut & Pro-Vitamin B5 memiliki fungsi untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih lebat. Sedangkan varian Natural Hair Oil Coconut & Vit E, berfungsi untuk melembapkan rambut dan kulit kepala. Harga produk ini sekitar Rp 40ribuan.

2. Johnson Baby Hair Oil

Minyak rambut dari Johnson Baby Hair Oil, memiliki tekstur yang lembut dan tidak membuat rambut menjadi lepek. Minyak rambut ini diperkaya dengan kandungan minyak pepaya dan pro-vitamin B5, yang bisa melembutkan dan menutrisi kulit bayi. Harga minyak rambut ini sekitar Rp 70ribuan.

3. Cahaya Naturals Baby Hair Oil

Rekomendasi produk yang selanjutnya adalah Cahaya Naturals Baby Hair Oil. Produk ini diperkaya dengan kandungan ekstrak minyak kelapa, minyak zaitun, minyak lavender, minyak kamomil, minyak kemiri, minyak jarak dan rice bran oil, yang bagus untuk mempercepat pertumbuhan rambut bayi dan menutrisi rambut. Harga produk ini sekitar Rp 90ribuan.

4. Tropee Bebe Minyak Kemiri

Minyak rambut yang mengandung ekstrak minyak kemiri ini, memiliki kemasan berbentuk spray yang mudah digunakan. Minyak ini bisa melembapkan dan menutrisi rambut bayi. Harga produk ini sekitar Rp 40ribuan.

5. Naufa Royal Richy Kids Hair Serum

Rekomendasi minyak rambut yang terakhir yaitu Naufa Royal Richy Kids Hair Serum. Minyak rambut ini diperkaya dengan kandungan ekstrak minyak kemiri, minyak jahe dan minyak argan, yang aman digunakan untuk merawat rambut bayi. Harga produk ini sekitar Rp 120ribuan.

 

Lanjutkan Membaca ↓