Sukses

Parenting

11 Cara Jitu Penambah Nafsu Makan Anak Alami

Fimela.com, Jakarta Sulit makan menjadi hal yang kerap terjadi pada anak, tentu situasi ini membuat orangtua kebingungan apa yang harus dilakukan. Sebab, khawatir nutrisi si kecil tidak terpenuhi jika anak selalu menutup mulutnya ketika makan.

Kurang nafsu makan pada anak pun memiliki berbagai penyebab, misal ada gangguan seperti makan sambil menoton TV atau fokus pada layar ponsel. Tidak menyukai tekstur tertentu, alergi makanan, makanan tidak menarik, terlalu banyak pilihan, hingga masalah kesehatan.

Cara mengatasi anak kehilangan nafsu makan tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya. Namun, ada beberapa hal yang dapat dicoba sebagai cara menambah nafsu makan anak, berikut ulasannya melansir flintobox.com.

1. Sarapan wajib

Makan sarapan yang baik dan sehat pasti akan meningkatkan nafsu makan anak. Sarapan yang seimbang meningkatkan metabolisme setelah 'puasa' malam dan membuat tubuh bekerja untuk hari itu.

2. Tawarkan air 30 menit sebelum waktu makan

Anak-anak harus minum air terlebih dahulu di pagi hari, bahkan sebelum susu. Juga, anak harus minum air setengah jam sebelum makan.

3. Beri makan setiap dua jam

Anak-anak yang meributkan makanan karena tidak terlalu lapar harus ditawari makanan setiap beberapa jam. Tiga kali makan standar mungkin tidak cukup meningkatkan sistem pencernaan mereka untuk membuat mereka merasa lapar. Makan teratur sekali dalam dua jam juga akan membantu. Cobalah. Tak perlu porsi besar, bisa berupa camilan.

4. Camilan tak boleh sembarangan

Camilan harus sebagus makanan jika menginginkan nafsu makan anak yang lebih baik. Alih-alih kue, tawarkan sandwich; alih-alih keripik, tawarkan sereal. Pikirkan pengganti makanan ringan yang sehat dan perhatikan perubahan nafsu makan anak.

5. Tambahkan kacang

Kacang tanah kadang-kadang disebut raja kacang karena sifatnya yang meningkatkan nafsu makan dan membangun protein. Masukkan ke dalam makanan anak berupa selai kacang atau cukup digoreng untuk dimakan sebagai keripik.

Lain kali anak ingin keripik, tawarkan kacang gorengnya. Akan membantu nafsu makannya.

6. Jangan membuat susu sebagai makanan

Banyak anak, yang memiliki nafsu makan rendah, karena terlalu banyak susu. Ketika anak-anak memiliki susu sebagai pengisi, makanan pembuka, atau makanan ringan, itu membunuh nafsu makan untuk makanan berikutnya. Perkenalkan produk susu dalam bentuk lain seperti keju atau yoghurt.

7. Tawarkan makanan favorit

Untuk beberapa anak dengan nafsu makan rendah, penglihatan makanan mungkin menjadi masalah. Jika anakmu seperti itu, cobalah menawarkan makanan favoritnya pada awalnya untuk menjalankan metabolisme.Namun tetap makanan sehat yang dikonsumsi.

8. Tawarkan makanan ringan

Gigitan kecil makanan membangun metabolisme, yang pada gilirannya meningkatkan nafsu makan. Tawarkan makanan kecil kepada anak-anak jika menurutmu nafsu makan anank berkurang. Perlahan, keinginan akan makanan akan meningkat.

9. Yoghurt adalah suatu keharusan

Ini adalah produk susu dengan probiotik dan kalsium sehat yang luar biasa untuk nafsu makan dan kekebalan anak. Yoghurt juga berfungsi sebagai pencuci mulut.

10. Hindari makanan yang pedas atau kuat

Kebanyakan anak tidak menyukai bau yang berlebihan atau rasa yang terlalu menyengat. Jika nafsu makan yang rendah menjadi masalah anak, periksa apakah dapur berbau makanan atau apakah makanan memiliki rasa pedas, bawang putih, dan sebagainya dengan wangi yang kuat. Singkirkan rasa ini.

11. Gunakan bumbu yang menggugah selera

Oregano, kayu manis, ketumbar adalah rempah-rempah dan rempah-rempah yang membantu membangun nafsu makan. Tambahkan sedikit di makanan anak . Namun, pastikan bahwa rempah ini tidak terlalu mencolok di piring si kecil.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading