Sukses

Parenting

Si Kecil Masih Sekolah dari Rumah? Yuk Belajar tentang Kebudayaan ASEAN dengan Cara yang Asyik!

Fimela.com, Jakarta Sudah satu tahun sejak anak mulai sekolah dari rumah, sudah pasti si kecil menemukan titik jenuh dan bosan. Walaupun masih harus di rumah dan tidak bertemu dengan teman-teman di kelas, Ibu tetap bisa membantu si kecil belajar dengan cara yang menarik dan nggak membosankan lho!

Salah satunya melalui tayangan Belajar dari Rumah yang dipersembahkan oleh Kemendikbud. Dengan metode pembelajaran yang menarik, si kecil pasti suka dan menjadi lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

Membuka Wawasan Internasional dengan Belajar Tentang ASEAN

Dalam episode 74 Belajar dari Rumah yang dipandu oleh Kak Ivan, siswa kelas 5 SD diajak untuk mengenali ASEAN dan kebudayaannya. Kak Ivan menjelaskan jika ASEAN atau Association of Southeast Asian Nation adalah perhimpunan bangsa-bangsa di wilayah Asia Tenggara dengan 10 anggota termasuk Indonesia. Dari 10 negara yang tercatat dalam ASEAN, ternyata memiliki kebudayaan yang menarik jika dilihat dari pakaian adat.

Busana Adat Negara ASEAN

Beragam busana dari berbagai Negara yang tergabung dalam ASEAN menjadi hal yang seru untuk disimak. Terlebih, ada beberapa busana adat suatu negara yang memiliki kemiripan dengan pakaian di Indonesia.

Sebagai negara yang masih satu rumpun dengan Indonesia, Malaysia memiliki pakaian adat bernama Baju Kurung. Pakaian ini sendiri memiliki desain yang longgar dan dilengkapi dengan kerudung. Mirip dengan penggunaan hijab di Indonesia. Tak hanya Malaysia, Myanmar juga memiliki pakaian adat yang mirip dengan sarung di Indonesia. Pakaian adat ini disebut sebagai Longyi.

Selain kedua negara tersebut, masing-masing bangsa di Asia Tenggara juga memiliki busana adat masing masing. Salah satunya adalah Vietnam dengan pakaian adat bernama Ao Dai, dan Filipina yang populer dengan busana bernama Baro't.

Yuk Belajar Konjungsi Kalimat dengan Mudah

Nggak hanya belajar budaya di ASEAN, Kak Ivan juga mengajarkan tentang konjungsi dalam sebuah kalimat. Konjungsi sendiri adalah sebuah kata yang menghubungkan perbandingan dalam kalimat utuh. Letaknya bisa di depan, tengah, atau akhir dari sebuah kalimat.

Mempelajari Jenis-jenis Peta dan Menghitung Skala

Dalam episode 74 Belajar dari Rumah, Kak Ivan mengenalkan berbagai jenis peta. Seperti peta kadaster, peta skala kecil, peta skala sedang, peta skala besar, hingga peta skala geografis.

Kak Ivan juga memberikan rumus mengenai cara menafsirkan luas negara berdasarkan skala yang ada di peta. Caranya mudah, yakni jika skala peta 1:1.000.000, maka dalam 1 cm pada peta sama dengan 1.000.000 cm dalam jarak sebenarnya. Lalu hitung jumlah persegi dalam peta tersebut, untuk dikalikan dengan skala yang ada di peta.

Belajar dari Rumah adalah tayangan yang membuat si kecil tetap bisa belajar tanpa harus merasakan bosan. Dipersembahkan oleh Kemendikbud, saksikan Belajar dari Rumah setiap hari Senin - Jumat, pukul 10.30 WIB untuk kelas 5 SD di TVRI.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading