Sukses

Parenting

Beragam Kerja Sama Negara ASEAN di Bidang Sosial Budaya, Yuk Bantu Anak Memahaminya

Fimela.com, Jakarta Di episode sebelumnya, anak-anak telah belajar tentang awal berdirinya ASEAN. Kini anggota Association of Southeast Asian Nation tetap aktif menjalin kerja sama di berbagai bidang.

Bagi para siswa kelas 5 SD mungkin cukup sulit untuk memahami bentuk kerja sama di Kawasan Asia Tenggara, terutama yang berkaitan dengan sosial budaya. Sebagai orangtua, coba ajak anak-anak menemukan jawabannya dengan menonton program Belajar dari Rumah episode ke-76 berikut ini.

Program Kerja Sama ASEAN di Bidang Wisata

Sebagai anggota ASEAN, Indonesia terus aktif menjalin kerja sama dengan negara-negara tetangga, salah satunya lewat program yang diberi nama Passage to ASEAN atau P2A. Dimulai sejak taun 2012, program wisata edukasi ini mendapat dukungan dari berbagai perguruan tinggi di seluruh negara ASEAN.

Pesertanya pun beragam, mulai dari karyawan, dosen, hingga mahasiswa yang mengikuti berbagai acara seperti The ASEAN Tour, The ASEAN Game, The ASEAN Journey and Ready for ASEAN. Di sini, para peserta bisa memperluas pengetahuan, meningkatkan kemampuan problem solving, kepemimpinan, kerja tim, dan kreativitas.

Kerja Sama ASEAN dan Negara Lain

Selain menjalin kerja sama di antara negara-negara ASEAN, ada juga yang terjalin dengan negara lain misalnya program unik yang diberi nama Kapal Pemuda Asia Tenggara dan Jepang. Disebut juga The Ship of Southeast Asian and Japanese Youth Program atau SSEA, nantinya para peserta akan menampilkan kesenian negara masing-masing, juga berdiskusi tentang berbagai topik. Harapannya, program kebudayaan ini bisa meningkatkan kesepahaman, rasa saling menghormati dan persahabatan antar negara ASEAN dan Jepang.

Menggambar Bentuk Mandala

Pernah mendengar istilah Mandala? Bagi kebanyakan orang atau anak-anak mungkin baru pertama kali mendengarnya. Padahal desain ini banyak ditemukan di berbagai budaya dunia, termasuk Asia Tenggara bahkan Candi Borobudur pun dihiasi oleh simbol cantik ini. Berasal dari bahasa Sansekerta, Mandala sendiri memiliki makna keharmonisan, kesempurnaan, dan persatuan.

Nah, kali ini Kak Evan mengajak anak-anak di rumah untuk membuat salah satu contoh bentuk Mandala, yang dinamai chakrasamvara. pertama, kumpulkan dulu peralatan yang dibutuhkan seperti buku gambar, pensil, penghapus, penggaris, dan busur jangkar.

Buat desain garis mirip jeruji roda dengan sudut 45 derajat. Buat lingkaran dengan titik pusat yang sama menggunakan busur jangkar dan terakhir lengkapi gambarmu pada setiap baris lingkaran dengan pola yang sama dan berulang, hingga membentuk mandala.

Program Belajar dari Rumah kali ini bikin anak-anak makin semangat. Apalagi ditambah dengan Proyek Kreatif Minggu Ini yang masuk ke tahap mewarnai denah negara yang sudah dibuat. Tak ketinggalan tambahkan informasi tentang kondisi geografisnya dan hal-hal unik yang ada pada negara tersebut.

Dipersembahkan oleh Kemendikbud, program Belajar dari Rumah ini diharapkan dapat membantu para siswa untuk lebih mudah memahami materi sekolah, sekaligus memberikan semangat selama belajar daring. Saksikan episode terbarunya yang bakal tayang di TVRI setiap hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 10.30-11.00 WIB.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading