5 Ciri-Ciri Hamil 2 Minggu dan Perkembangan Bayi dalam Kandungan

Kezia Prasetya Christvidya03 Mei 2021, 13:55 WIB
Diperbarui 03 Mei 2021, 13:55 WIB
hamil-kezo

Fimela.com, Jakarta Secara teknis, saat kehamilan memasuki usia 2 minggu termasuk ke dalam usia trimester yang pertama. Di usia 2 minggu ini, ibu hamil sudah bisa merasakan beberapa ciri-ciri kehamilan yang umum terjadi.

Walaupun ciri-ciri hamil 2 minggu ini tidak bisa ditandai dengan akurat, tapi Sahabat Fimela bisa menjadikan ciri-ciri ini sebagai pertanda hamil, untuk dikonsultasikan kepada dokter dan melakukan tes kehamilan dengan alat.

Saat usia kehamilan memasuki usia 2 minggu ini, janin yang bertumbuh sedang bersiap ovulasi dan akan berakhir pada masa konsepsi, yang bisa berlangsung selama 2 mingguan di trimester pertama.

Ciri-ciri hamil 2 minggu ini jarang disadari, karena sering disamakan dengan sindrom menjelang haid atau PMS. Untuk itu, berikut ciri-ciri hamil 2 minggu, dilansir dari Liputan6.com:

Ciri-Ciri Hamil 2 Minggu yang Sering Terjadi

hamil-kezo
ilustrasi hamil/Suhyeon Choi/unsplash

1. Muncul Flek Darah

Ciri-ciri hamil 2 minggu yang pertama, yaitu munculnya flek kecokelatan yang merupakan bercak darah. Flek darah ini terjadi setelah masa ovulasi, karena adanya implantasi janin yang menempel di embrio. Flek darah ini juga merupakan darah sisa haid dan setelah 10hari berhubungan intim.

2. Morning Sickness

Ciri-ciri hamil 2 minggu yang sering terjadi adalah morning sickness. Kondisi ini ditandai dengan mual dan muntah yang terjadi di pagi, siang atau malam hari. Hal ini disebabkan karena meningkatnya hormone yang ada di dalam tubuh.

3. Kram Perut

Kram perut juga bisa dijadikan sebagai pertanda masa kehamilan memasuki usia 2 minggu. Kram perut yang dirasakan saat hamil ini, hampir sama seperti saat awal menstruasi. Namun saat hamil, kram perut yang dirasakan ini akan terjadi selama 5 sampai 20menit sekali disertai dengan kontraksi.

4. Sering Buang Air Kecil

Saat hamil 2 minggu, frekuensi buang air kecil akan lebih meningkat, yang menyebabkan ibu hamil harus sering keluar masuk kamar mandi. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan rahim, lalu kandung kemih cepat terisi urin karena sirkuasi darah meningkat.

5. Ukuran Payudara Membesar

Ciri-ciri hamil 2 minggu yang selanjutnya, yaitu ukuran payudara akan lebih membesar daripada yang sebelumnya. Hal ini disebabkan karena tubuh sedang bersiap untuk proses menyusui, dan payudara sedang memproduksi air susu.

Perkembangan Janin di Usia 2 Minggu

hamil-kezo
ilustrasi ciri ciri orang hamil/Neal E. Johnson/unsplash

Saat memasuki usia hamil 2 minggu, janin yang ada di dalam kandungan sudah mulai terbentuk, yang terjadi karena sel telur bertemu dengan sel sperma. Emrio yang ada di dalam kandungan ini memiliki ukuran sekitar 0,01-0,02 sentimeter.

Embrio ini terdiri dari 2 lapisan sel, yaitu lapisan ektoderm dan endoterm yang akan bertumbuh dan berkembang menjadi tubuh, sehingga kondisi janin di dalam kandungan sudah bisa diperiksa dengan alat tes kehamilan.

Bahkan di usia minggu kedua ini, jenis kelamin janin sudah bisa diprediksi, walaupun belum bisa ditentukan dengan akurat. Biasanya, jenis kelamin akan terlihat secara akurat saat memasuki usia kandungan 15 minggu.

Persiapan yang Harus Dilakukan Saat 2 Minggu

hamil-kezo
ilustrasi hamil/Anastasiia Chepinska/unsplash

Di minggu awal kehamilan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ibu hamil, seperti mengonsumsi vitamin dan susu untuk meningkatkan energi dan sistem kekebalan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit.

Ibu hamil juga harus menghentikan beberapa kebiasaan yang kurang baik untuk kandungan, seperti mengurangi mengonsumsi makanan yang terlalu manis, berhenti merokok, tidak mengonsumsi alkohol dan mengurangi kafein.

Pola hidup ibu harus diubah menjadi lebih sehat, dengan rajin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, rutin cek kesehatan di dokter kandungan dan mengonsumsi air putih dengan cukup. Ibu hamil juga harus mengontrol pikiran agar tidak mudah stres, serta mengurangi aktivitas yang membuat tubuh menjadi kelelahan.

Lanjutkan Membaca ↓