5 Tradisi Hari Anak di Korea Selatan yang Biasa Dilakukan Orangtua

Anisha Saktian Putri06 Mei 2021, 14:30 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 14:30 WIB
Ilustrasi Hari Anak di Korea Selatan/dok. Unsplash Kseniya

Fimela.com, Jakarta Hari Anak di setiap negara dirayakan pada tanggal yang berbeda, seperti di Indonesia diperingati pada 23 Juli. Sedangkan, baru-baru ini Korea Selatan pun baru merayakan Hari Anak setiap 5 Mei.

Perayaan Hari Anak di negara gingseng ini menjadi hari libur yang penting. Para selebritis Korea Selatan seperti Park Seo Joon, Kim Seon Ho sampai Taeyeon pun mengunggah foto masa kecil mereka di media sosial untuk merayakannya.

Melansir 90daykorean.com, tanggal 5 Mei dipilih untuk memudahkan masyarakat mengingat tanggal cantik tersebut, 5/5.

Sedangkan, asal-usul Hari Anak di Korea Selatan berasal dari tahun 1920-an oleh aktivis kemerdekaan dan hak anak Bang Jeong-hwan. Bang Jeong-Hwan, yang mulai menggunakan kata 어린이 (eorini) berarti anak-anak.

Hari Anak awalnya pada tanggal 1 Mei, tetapi karena bertepatan dengan Hari Buruh, maka hari ini dipindahkan ke tanggal 5 Mei. Hari itu menjadi hari libur umum resmi di tahun 1970-an. Sejak itu, warga Korea menikmati hari libur kerja pada tanggal 5 Mei.

Hari Anak pun dimanfaat oleh orangtua untuk memiliki waktu berkualitas dengan anak, karena orangtua di Korea lebih sering tidak punya banyak waktu untuk melihat anak mereka karena lembur atau bekerja di akhir pekan. Banyak keluarga melakukan upaya ekstra untuk melakukan sesuatu yang istimewa di Hari Anak.

Hari Anak di Korea Selatan juga jatuh pada bulan Mei, yang biasanya berarti cuaca akan bagus untuk aktivitas di luar karena hangat tetapi tidak terlalu panas atau lembap. Berikut ini beberapa aktivitas yang dilakukan para orangtua untuk anak-anaknya.

1. Pergi ke taman hiburan

Korea selatan
Korea Selatan (Foto : Shutterstock)

Mengunjungi taman hiburan adalah kegiatan populer di Hari Anak. Dua dari taman hiburan paling populer di Korea adalah Lotteworld dan Everland.

Everland terletak di Yongin, dekat Seoul. Sedangkan Lotte World terletak di stasiun kereta bawah tanah Jamsil, dan setengah dari taman hiburan berada di dalam, menjadikannya pilihan yang baik jika cuaca buruk.

Taman hiburan ini juga memiliki gelanggang es dalam ruangan di sebelah department store dan mal besar. Seoul Land adalah taman hiburan lain di dekat Seoul. Dekat Kebun Binatang Seoul di stasiun kereta bawah tanah Seoul Grand Park di Gwacheon.

2. Kebun Binatang

Perjalanan ke kebun binatang juga merupakan aktivitas populer pada Hari Anak di Korea. Ada kebun binatang di beberapa kota di Korea Selatan. Seoul memiliki dua kebun binatang: kebun binatang utama di Seoul Grand Park dan kebun binatang yang lebih kecil di Children’s Grand Park dekat Universitas Konguk di timur laut Seoul.

3. Piknik

Piknik/dok. Unsplash Mason
Piknik/dok. Unsplash Mason

Kegiatan populer lainnya adalah piknik. Taman di sepanjang Sungai Han kemungkinan akan dipenuhi oleh keluarga pada Hari Anak. Orang akan mendirikan tenda kecil untuk beristirahat di tempat teduh dan menikmati makanan ringan sementara anak-anak menerbangkan layang-layang atau bersepeda. Ada banyak toko serba ada di sepanjang sungai untuk membeli makanan ringan.

4. Menonton olahraga favorit

Ada banyak hal lain yang dapat dilakukan di Hari Anak. Orangtua di Korea biasanya akan mengajak anak untuk menonton pertandingan olahraga seperti bisbol atau sepak bola.

5. Mendaki gunung

Mendaki gunung, atau melakukan perjalanan satu hari ke pedesaan biasanya dilakukan oleh orangtua di Korea untuk mempelajari bagian lain dari budaya Korea.

 

 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓