Sukses

Parenting

Anak juga Rentan Depresi, Ini 4 Tips Menjaga Kesehatan Mental Mereka

 

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga rentang mengalami masalah kesehatan mental seperti depresi. Namun kasusnya berbeda, sehingga sulit bagi orangtua dan dokter untuk mengenali dan membantu mereka.

Penulis dan dokter anak Dr Perri Klass membebeberkan beberapa fakta penting untuk diketahui tentang kesehatan mental pada anak; 2-3 persen anak usia 6 hingga 12 tahun bisa mengalami depresi. 1-2 persen anak usia tiga tahun mengalami depresi, dan lebih dari 7 persen anak usia 3-7tahun mengalami gangguan kecemasan.

 

Pada bulan Februari 2021, Grup Green Ribbon menerbitkan infografik tentang lanskap kesehatan mental anak-anak dan remaja di Malaysia.

Topik kesehatan mental dan anak-anak atau pendidikan usia dini juga mendominasi dalam pesan langsung yang diterima oleh Green Ribbon Group. 

Meski sulit, ada beberapa tips untuk mengenalkan anak akan pentingnya kesehatan mental serta solusi untuk membantunya;

 

 

Ilustrasi 

Katie Hurley, psikoterapis anak dan remaja dan penulis Buku ‘Pegangan Anak Bahagia: Bagaimana Membesarkan Anak-Anak yang Menyenangkan di Dunia yang Penuh Tekanan’ menggambar gunung berapi di papan tulis dan menjelaskan bahwa setiap orang memiliki perasaan yang berbeda sepanjang hari. Saat kita tidak mengungkapkan perasaan itu, mereka tetap berada di gunung berapi sampai meletus.

"Jika kita meninggalkan perasaan itu di gunung berapi, mereka mulai benar-benar menggelembung dan menggelembung dan menggelembung sampai meledak, dan saat itulah orangtua mendapatkan tangisan, pukulan dan tendangan," katanya. 

Hurley mencatat bahwa banyak orangtua menganggap tindakan ini akibat masalah perilaku, tetapi ini lebih merupakan "ledakan emosi yang tidak ditangani". Itulah mengapa penting untuk mengajari anak-anak berbicara tentang perasaan mereka dan melepaskannya satu per satu.

 

 

Jadilah Contoh yang Baik bagi Anak

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa dalam jumlah yang berlebihan, waktu menonton anak-anak dan bermain game serta media sosial untuk remaja dapat berdampak buruk pada perilaku, suasana hati, jadwal tidur, dan kesehatan secara keseluruhan.

Dr. Katherine Williamson, seorang dokter anak dan wakil presiden dari American Academy of Pediatrics cabang Orange County, mengatakan penting bagi pengasuh untuk memberikan contoh yang masuk akal untuk penggunaan gadget pada anak dengan kebiasaan seperti tidak memainkan telepon di meja makan atau pada waktu mau tidur. 

Lalu penting bagi orangtua untuk memberi contoh dan berbagi kerentanan mereka sehingga anak-anak akan nyaman untuk mengungkapkan dan mendiskusikan masalah mereka.

“Kita bisa mengatakan sesuatu seperti, 'Saya mengalami sesuatu di tempat kerja hari ini, dan saya bahkan tidak yakin saya menanganinya dengan benar, tapi saya melakukan yang terbaik,'” kata Wilson.

 

 

Belajar Memahami Perilaku Anak dan Komunikasikan Perasaan

Rachel Busman, Psy.D., seorang psikolog klinis dan direktur senior Anxiety Disorders Center di Child Mind Institute, mengatakan penting bagi orang tua untuk tidak secara otomatis menafsirkan ekspresi wajah anak-anak mereka dan malah memberi mereka kesempatan untuk menjelaskan.

“Jika kamu melihat seorang anak membuat wajah tertentu sebagai respons terhadap situasi yang membuat stres, daripada mengatakan, 'Oh, jangan frustasi,' Anda dapat mengatakan, 'Wajahmuterlihat kesal. Ada apa? Apa yang terjadi? '"Katanya.

“Memberi kesempatan bagi anak-anak untuk memberitahu kita bagaimana perasaan mereka adalah hal yang disarankan, daripada menceritakan apa yang menurut Anda dialami anak.”

Saat mencari bahasa yang tepat untuk digunakan saat menanyakan tentang hari anak, pengasuh harus menghindari pertanyaan yang sangat umum seperti "Bagaimana sekolah?" atau "Bagaimana tanggal mainnya?" 

"'Percakapan itu seringkali tidak berakhir dengan banyak informasi," katanya. “Alih-alih, tanyakan, 'Apa hal menarik yang terjadi hari ini?' Atau 'Apa yang kamu lakukan di kelas gym?'”

 

 

Dorong anak-anak untuk menulis jurnal

Menurut University of Rochester Medical Center, membuat jurnal dapat mengurangi stres dan membantu orang mengelola kecemasan dan depresi. Dianne Maroney, yang memiliki gelar master dalam bidang perawatan psikiatri dan kesehatan mental, juga telah melihat dampak dari memberi anak-anak kekuatan untuk menceritakan kisah mereka.

Pada 2015, ia mendirikan Imagine Project Inc., yang menawarkan proses tujuh langkah yang berfokus tentang tulisan ekspresif.

Jurnal yang digunakan dalam proyek (ditawarkan dalam kelompok usia dari taman kanak-kanak hingga orang dewasa) tersedia di situs non profit tanpa biaya. Proyek ini memungkinkan anak-anak untuk memproses stres dan trauma dan mendapatkan kepercayaan diri sambil membiarkan orang tua, guru, dan pengasuh pada saat-saat sulit yang mungkin dialami anak.

“The Imagine Project membantu anak-anak berbicara tentang apa yang terjadi pada mereka, apakah itu stres, trauma kecil, trauma besar, apa saja,” kata Maroney. “Itu adalah titik di mana mereka masih bisa membicarakannya, mengatasinya, dan menulis cerita baru sebagai gantinya. Ini membantu memberi anak-anak harapan, dan harapan adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan anak-anak. Saya pikir mereka sedang berjuang dengan itu di masyarakat kita sekarang. "

 

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading