Sukses

Parenting

Gaya Pengasuhan Orangtua Pengaruhi Kesehatan Mental dan Fisik Anak

Fimela.com, Jakarta Tidaklah mengherankan jika suatu hubungan dibumbui dengan konflik, termasuk orangtua dan anaknya. Sayanganya, konflik akan berdampak pada kesehatan fisik, emosi egatif emosional dan kesehatan mental anak. 

Penelitian yang menarik telah menunjukkan hubungan antara cara orangtua berinteraksi atau pola asuk dengan anak dan perubahan fisiologis pada anak. 

Melansir verywellfamily.com, sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Family Psychology melihat hubungan antara gaya pengasuhan, kesehatan mental, dan aktivasi kekebalan (yang merupakan faktor risiko penyakit di kemudian hari) pada anak-anak.

Dalam studi tersebut, pengasuhan yang tidak terlibat (tidak mengetahui di mana anak-anak berada atau apa yang mereka lakukan; tidak mendisiplinkan; tidak menunjukkan kehangatan atau terlibat dalam kehidupan anak-anak) dikaitkan dengan aktivasi sistem kekebalan yang lebih tinggi pada anak-anak.

Empat tipe dasar pola asuh

Empat tipe dasar pola asuh yang ditentukan oleh psikolog adalah otoriter, permisif, berwibawa, dan tidak terlibat. 

1. Otoriter

Orangtua dengan gaya ini cenderung menuntut kepatuhan yang ketat dan tidak menjelaskan aturan atau keputusan mereka kepada anak dan menghukum anak tanpa menunjukkan banyak kehangatan atau dukungan.  Anak-anak yang tumbuh dengan orangtua otoriter lebih cenderung takut pada situasi baru dan tidak percaya diri dan depresi.

2. Permisif

Orang tua yang permisif umumnya tidak mendisiplinkan, menegakkan aturan, menetapkan batasan, atau mengontrol perilaku anak.  Anak-anak yang orang tuanya permisif cenderung agresif dan impulsif, mengabaikan aturan dan batasan, dan menghadapi risiko penyalahgunaan zat yang lebih tinggi.  Mereka juga berisiko lebih besar mengalami depresi dan kecemasan.

3. Berwenang

Orangtua yang menggunakan gaya ini menetapkan aturan dan batasan, dan memberikan konsekuensi kepada anak-anak jika mereka tidak mengikutinya.  Mereka juga tanggap secara emosional dan hangat serta memiliki kebiasaan mendengarkan dan berkomunikasi dengan anak-anak mereka.  Anak-anak dengan orangtua yang berwibawa cenderung tumbuh dengan kesehatan emosional, keterampilan sosial, dan ketahanan yang lebih baik.  Mereka juga lebih cenderung memiliki keterikatan yang aman dengan orang tua mereka.

4. Tidak terlibat

Orangtua yang tidak terlibat umumnya memiliki sedikit komunikasi atau keterlibatan dengan anak-anak.  Mereka tidak hangat atau responsif terhadap kebutuhan emosional anak-anak.  Serta kurang memerhatikan pengawasan atau pendisiplinan anak.  Pengasuhan yang tidak terlibat cenderung mengarah pada hasil terburuk bagi anak-anak.  Anak-anak ini sering kali akhirnya menarik diri secara emosional, cemas, dan berisiko lebih besar untuk berperilaku berbahaya (termasuk penyalahgunaan zat).

Gaya Mengasuh Anak yang Terbaik untuk Kesehatan Anak

Nicholas B. Allen, Ph.D., profesor psikologi klinis di University of Oregon mengatakan seperti banyak hal dalam mengasuh anak dan dalam hidup, kesederhanaan adalah kuncinya.  Mengasuh dan terlalu terlibat tidak baik untuk anak-anak karena anak-anak perlu bereksperimen dan mandiri secara normal.

Namun, pengasuhan yang tertutup (dimana orang tua tidak terlibat dalam kehidupan anak dan tidak memiliki ikatan yang kuat dengan anak mereka) juga tidak baik untuk perkembangan emosional, mental, dan bahkan fisik anak. 

Dr. Allen percaya bahwa gaya pengasuhan terbaik untuk kesehatan anak adalah gaya yang tidak berjalan terlalu jauh.  Mengasuh harus memungkinkan kemandirian dan memberikan pengasuhan. 

“Memberikan dukungan saat seorang anak sedang berkembang tetapi perlahan-lahan," katanya.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading