Sukses

Parenting

Waktu Paling Tepat Mulai Mengonsumsi ASI Booster

Fimela.com, Jakarta Rupa-rupa rasa dialami para ibu hamil menjelang jadwal kelahiran. Meski segala sesuatu telah dipersiapkan, rasanya tetap saja 'nano-nano' terutama bagi ibu baru yang akan melahirkan anak pertamanya.

Sayangnya, karena sudah fokus memikirkan lahiran antara senang dan deg-degan, banyak ibu hamil yang lupa untuk mempersiapkan diri untuk proses selanjutnya yaitu menyusui. Terutama bagi kita yang ingin memberikan ASI eksklusif bagi bayi.

ASI merupakan bahan makanan pokok terpenting untuk memenuhi nutrisi bayi, terlebih bagi bayi yang baru lahir. Tetapi pasca melahirkan ASI terkadang tidak selalu lancar, sehingga perlu menyiapkan diri sebelum menyusui, misalnya dengan memerhatikan nutrisi makan yang dikonsumsi.

 

Kapan Waktu Mengonsumsi Asi Booster?

Selain mengedukasi diri dengan serba-serbi laktasi mulai dari proses pelekatan sampai makanan penunjang ASI, mengonsumsi ASI booster juga menjadi opsi yang bisa dipertimbangkan. Lantas kapan waktu paling tepat mengonsumsi  ASI booster. 

"Pada week ke-36 kehamilan atau H-2 minggu sebelum melahirkan. Sebab selain membantu mempersiapkan ASI, suplemen herbal akan mendorong hormon oksitosin yang diperlukan saat menyusui serta mempersiapkan untuk penyembuhan luka di hari pertama pasca melahirkan," ujar Head of Marketing Consumer Health Dexa di Fimelahood From Home x HERBA ASIMOR.

Sebab kandungan ekstrak ikan gabus di dalamnya ikut membantu proses pemulihan pasca-persalinan. Sementara suplemen herbal yang mengandung ekstrak daun katuk dan daun torbangun ini diklaim melancarkan produk ASI.

"Semua yang dibutuhkan untuk kelancaran ASI ada dalam suplemen ini. Sehari diminum 2 kali, bisa sekaligus atau dijeda. Karena herbal, aman dikonsumsi dengan obat-obatan lainnya," sambungnya.

Tetap Konsultasi dengan Dokter

Mengonsumsi ASI booster, baik itu berbentuk suplemen atau susu, walaupun dinyatakan dibuat dari bahan yang alami, tetap saja ini terkadang memiliki efek samping. Jadi, sebelum mengonsumsi ASI booster, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Walaupun ASI Booster bisa meningkatkan produksi ASI, namun jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat. Karena produksi asi juga tak terlepas dari kondisi kesehatan calon ibu. Usahakan mengonsumsi nutrisi yang lengkap dan seimbang, yang harus mengandung komponen karbohidrat, protein, sayur dan buah. Serta istirahat yang cukup dan menghindari stres.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading