Sukses

Parenting

5 Makanan yang Dapat Mengurangi Mual Saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Saat memasuki usia kandungan trimester pertama, sering kali ibu hamil merasakan mual dan muntah, atau yang disebut dengan morning sickness. Kondisi ini adalah kondisi yang umum dirasakan saat sedang hamil muda.

Karena sering mual dan muntah, hal ini bisa menyebabkan ibu hamil jadi dehidrasi dan membahayakan kandungan. Rasa mual bisa membuat nafsu makan jadi menurun. Padahal saat hamil, tubuh memerlukan asupan gizi yang seimbang, untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan, agar selalu sehat.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan mencegah mual, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa menghilangkan rasa mual. Berikut makanan yang dapat mengurangi mual saat hamil, dilansir dari berbagai sumber:

Penyebab Mual Saat Hamil

Mual saat hamil sering dialami di trimester pertama, yang disebut dengan morning sickness. Kondisi ini bisa muncul di pagi, siang atau malam hari, yang sebenarnya belum diketahui secara pasti penyebabnya.

Tetapi penyebab mual sering kali dihubungkan dengan beberapa faktor seperti adanya perubahan hormon saat hamil, terlalu sensitif saat mencium bau atau merasakan sesuatu, terlalu stres dan mengalami infeksi pada saluran kencing.

Mual yang terjadi saat hamil ini merupakan kondisi yang normal dan tidak membahayakan kondisi janin di dalam kandungan. Tetapi kalau terlalu sering mual dan muntah, tubuh akan terasa dehidrasi dan kelelahan, yang bisa membahayakan kondisi ibu dan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Makanan yang Dapat Mengurangi Mual Saat Hamil

1. Jahe

Jahe adalah salah satu jenis rempah-rempah yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa mual saat hamil. Karena jahe memiliki kandungan senyawa bioaktif, yang bisa meredakan mual dan melancarkan sistem pencernaan.

2. Makanan Tinggi Karbohidrat

Ibu hamil bisa mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat seperti nasi, untuk membantu mengurangi rasa mual saat hamil. Makanan yang tinggi karbohidrat bisa mengurangi asam lambung yang naik saat hamil, serta membuat perut kenyang lebih lama.

3. Makanan Berprotein

Orang yang sedang hamil pasti membutuhkan asupan protein tinggi, untuk menyeimbangkan hormon, mengurangi rasa mual dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Protein yang bisa dikonsumsi ibu hamil adalah daging, tahu, tempe, kacang atau selai kacang.

4. Sup

Makanan yang bisa mengurangi mual yang selanjutnya adalah sup. Sup ayam bisa menghangatkan perut ibu yang kembung, karena makanan ini mudah dicerna oleh lambung. Sup juga bisa meningkatkan elektrolit di dalam tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah dehidrasi.

5. Makanan Dingin

Jenis makanan yang terakhir adalah makanan dingin seperti es krim, buah potong dingin dan yoghurt. Makanan dingin bisa membuat perut nyaman, tidak memiliki aroma kuat dan membantu melancarkan sistem pencernaan.

Tips Saat Makan Agar Tidak Mual

Selain mengonsumsi makanan yang bisa mengurangi rasa mual, ibu hamil juga harus mengubah pola makan dengan benar. Karena pola makan yang tidak benar, bisa menyebabkan mual dan sistem pencernaan menjadi terganggu.

Untuk mengurangi rasa mual saat hamil, makanlah dengan porsi makan yang kecil tetapi sering. Porsi makan yang terlalu besar bisa membuat sistem pencernaan terlalu berat mencerna makanan. Dan imbangi dengan menium air putih sedikit demi sedikit saat makan, untuk melancarkan pencernaan.

Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu berlemak, karena bisa meningkatkan rasa mual dan mengganggu sistem pencernaan. Jika selesai makan, usahakan untuk tidak lansung tidur atau berbaring.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading