Ketahui 5 Penyebab Bayi Menangis pada Malam Hari

Imelda Rahma08 Jun 2021, 17:35 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 17:35 WIB
Bayi Menangis

Ada banyak hal yang menyebabkan bayi menangis di malam hari. Namun sayangnya, baik ibu maupun pengasuh sering merasa kesulitan dalam menerjemahkan apa makna di balik tangisan bayi itu. Akibatnya, bayi pun semakin sering menangis.

Tentunya momen bayi selalu menangis di malam hari tidak bisa dianggap remeh dan sebagai orangtua yang cekatan sebaiknya mengetahui penyebab hal tersebut terjadi. Jika tidak, maka kebiasaan tersebut bisa saja berdampak buruk terhadap kesehatan bayi

Oleh karena itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab bayi menangis di malam hari. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

 

Sakit

Sakit
Ilustrasi Bayi Menangis Credit: pexels.com/Terry

Sakit menjadi alasan utama kenapa buah hati menangis. Selain beberapa penyakit yang memang benar-benar serius, ada beberapa hal menyakitkan ringan yang mampu mengganggu mereka. Seperti digigit serangga, sakit perut, atau bahkan nyeri.

Buang Air

Buang Air
Ilustrasi Bayi Menangis Credit: pexels.com/cottonbro

Sama seperti manusia dewasa, bayi juga merasa tidak nyaman dengan kotoran yang mereka keluarkan. Oleh karena itu ada baiknya orangtua memakaikan mereka diapers daripada popok untuk menjaga mereka agar tidak selalu terbangun di malam hari. Sebab hal ini dapat mengganggu kualitas tidur mereka.

Lapar

Lapar
Ilustrasi Bayi Menangis Credit: pexels.com/cottonbro

Bayi terkadang menangis sebagai ucapan mereka. Sehingga ketika mereka lapar pun mereka akan menangis. Sehingga orangtua jangan sampai lupa dengan jadwal makan dan susu mereka terutama apabila ibu menyusui dengan ASI.

Membutuhkan Sang Ibu

Membutuhkan ibu mereka
Ilustrasi Bayi Menangis Credit: pexels.com/Tiffany

Ketika bayi mengetahui bahwa ibu mereka tidak ada di samping mereka, maka mereka akan mulai merasa khawatir dan tegang. Itulah sebabnya bayi akan menangis saat mereka menyadari bahwa ibu mereka tidak ada di samping mereka.

Tidak Nyaman dengan Lingkungan

Tidak Nyaman dengan Lingkungan
Ilustrasi Bayi Menangis Credit: pexels.com/Claire

Lingkungan yang terlalu bising mampu membuat bayi merasa tidak nyaman. Terutama apabila itu terjadi di malam hari. Itulah sebabnya mereka mudah menangis karena hal itu.

Menangis adalah cara bayi untuk mengungkapkan apa yang mereka rasakan dan mereka inginkan. Alasan di atas adalah beberapa alasan yang membuat bayi menangis. Oleh karena itu ketika bayi menangis, jangan panik dahulu. Jika orangtua tahu penyebabnya, maka hal tersebut dapat diatasi.

Lanjutkan Membaca ↓