Rekomendasi Nipple Cream untuk Ibu Menyusui

Kezia Prasetya Christvidya15 Jun 2021, 12:35 WIB
Diperbarui 15 Jun 2021, 12:35 WIB
bayi-kezo

Fimela.com, Jakarta Ibu menyusui sering kali mengalami masalah seperti puting lecet, kering dan nyeri, yang disebabkan karena puting tidak masuk dengan benar ke mulut bayi atau tergigit oleh bayi.

Kondisi ini tidak boleh dibiarkan, karena bisa menyebabkan infeksi dan rasa tidak nyaman saat menyusui. Bahkan pada beberapa kasus, ada yang lukanya sampai mengeluarkan darah.

Untuk mengatasi lecet dan luka karena menyusui ini, Sahabat Fimela bisa mengoleskan nipple cream ke area payudara yang terluka, untuk mempercepat penyembuhan luka dan aman digunakan untuk menyusui. Berikut rekomendasi nipple cream untuk ibu menyusui, yang dilansir dari berbagai sumber:

Kandungan dalam Nipple Cream

skincare-kezo
ilustrasi skincare/Pixel-Shot/shutterstock

Di dalam nipple cream memiliki beberapa kandungan bahan aktif, yang bisa menyembuhkan peradangan akibat luka di puting payudara. Tentu saja kandungan yang digunakan sangat aman untuk ibu menyusui. Kandungan dalam nipple cream ini juga bisa membantu mengatasi area puting yang pecah-pecah, kering dan nyeri.

Nipple cream memiliki kandungan minyak alami yang bisa membantu melembapkan area puting, seperti shea butter, avocado oil, olive oil dan lain sebagainya. Lalu kandungan yang bisa mengatasi nyeri dan peradangan adalah calendula extract, jojoba oil dan coconut oil.

Untuk ibu menyusui yang memiliki alergi khusus, lebih baik hindari nipple cream yang memiliki kandungan lanolin. Kandungan ini merupakan pelembap yang berasal dari bulu domba, yang tidak termasuk kedalam produk vegan. Jangan lupa untuk menghindari produk yang mengandung pewarna, pewangi, alkohol dan paraben.

Cara Menggunakan Nipple Cream

skincare-kezo
ilustrasi skincare/itakdalee/pexels

Nipple cream adalah produk dengan tekstur krim yang tingkat kekentalannya berbeda tiap produk. Ada yang teksturnya sangat rich, lengket dan mudah meresap. Pemilihan tekstur nipple cream ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamananmu.

Cara menggunakan nipple cream ini sangat mudah. Setelah dibersihkan, oleskan nipple cream ke area puting dan areola dengan tangan yang bersih. Kemudian tunggu sampai meresap dan gunakan bra setelahnya.

Penggunaan nipple cream ini tidak harus saat puting terluka. Kamu bisa mengoleskan nipple cream saat puting terasa kering. Bahkan dimasa kehamilan dan melahirkan, nipple cream bisa dioleskan untuk meredakan nyeri di area payudara.

Rekomendasi Nipple Cream

skincare-kezo
ilustrasi skincare/Ron Lach/pexels

1. Puremom Nipple Cream

Rekomendasi nipple cream yang pertama adalah Puremom Nipple Cream. Produk ini memiliki kandungan provitamin B5 dan olive oil, yang berfungsi untuk menyembuhkan luka dan melembapkan di area puting. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 60ribuan.

2. Lansinoh HPA Lanolin Nipple Cream

Produk Lansinoh HPA Lanolin Nipple Cream adalah produk yang memiliki sertifikasi halal dari Amerika. Nipple cream ini bebas pengawet dan memiliki klaim anti alergi, yang dijual dengan harga sekitar Rp 95ribuan.

3. Mama's Choice Intensive Nipple Cream

Rekomendasi nipple cream yang selanjutnya adalah Mama's Choice Intensive Nipple Cream. Produk ini memiliki kandungan yang lengkap seperti ekstrak kurma, coconut oil, shea butter dan vitamin E, yang bisa mengatasi puting kering dan pecah-pecah. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 99ribuan.

4. Medela Purelan 100 Lanolin Nipple Cream

Produk Medela Purelan 100 Lanolin Nipple Cream, memiliki kandungan lanolin. Sehingga untuk ibu menyusui yang memiliki alergi khusus, harus berhati-hati. Tetapi produk ini aman digunakan karena bersertifikat medical grade. Produk ini juga bisa mengatasi bibir dan hidung yang kering. Harga dari nipple cream ini adalah Rp 100ribuan.

5. Pigeon Nipple Care Cream

Rekomendasi nipple cream yang terakhir adalah Pigeon Nipple Care Cream. Produk ini aman digunakan untuk kulit yang sensitif, yang bisa membantu melembapkan puting kering, iritasi dan luka, yang dijual dengan harga sekitar Rp 245ribuan.

 

Lanjutkan Membaca ↓