4 Tips Menyiapkan MPASI yang Tidak Membuat Bayi Tersedak

Endah Wijayanti25 Jun 2021, 07:15 WIB
Diperbarui 25 Jun 2021, 07:15 WIB
mpasi

Fimela.com, Jakarta Di usia empat atau enam bulan, bayi sudah bisa diberi Makanan Pendamping ASI (MPASI). Dalam pemberian MPASI, penting juga memastikan makanan yang diberikan tidak membuat bayi tersedak. Ada cara yang bisa dicoba untuk meminimalkan kemungkinan bayi tersedak.

Dalam menyiapkan MPASI, ada sejumlah hal penting yang perlu kita perhatikan agar bayi tidak tersedak saat mengonsumsinya. Mengutip buku Mommyclopedia: 567 Fakta tentang MPASI, ada empat cara yang bisa dilakukan. Berikut rangkumannya.

Meminimalkan Kemungkinan Bayi Tersedak

mpasi aman
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/aneoho

1. MPASI Dimasak Hingga Lunak

Masak MPASI hingga cukup lunak. Dalam memasak telur, pastikan benar-benar matang. Hal ini bertujuan agar bayi terhindar dari salmonellosis. MPASI yang mengandung telur setengah matang sebaiknya dihindari.

2. Potong Makanan Hingga Benar-Benar Kecil atau Tipis

Makanan lunak yang sudah dibuat ada baiknya dipotong menjadi potongan kecil atau tipis supaya lebih mudah dikunyah. Selalu perhatikan ukuran makanan yang disajikan kepada si kecil. Makanan yang berukuran kecil, keras, dan bulat bisa membuat bayi tersedak saat mengonsumsinya.

3. Buang Tulang dan Duri

Bila menggunakan daging ayam atau ikan, buang semua bagian tulang dan durinya. Pastikan hanya bagian dagingnya saja yang diberikan kepada si kecil.

4. Buang Biji dari Buah-buahan

Sebelum memberikan buah kepada bayi, pastikan biji-bijiannya sudah dibuang. Selain itu, potong buah menjadi bagian lebih kecil. 

Selain itu, hindari memberikan wortel, sawi, bayam, bit, atau lobak kepada bayi yang berusia kurang dari enam bulan. Kenapa? Karena kandungan nitrat yang tinggi dalam sayuran ini dapat menyebabkan methemoglobinemia dengan gejala sesak lemah, hingga kejang, dan penurunan kesadaran.

Semoga info di atas bermanfaat untuk Sahabat Fimela sekalian, ya. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021