Sukses

Parenting

6 Tanda Anak Perlu Dibawa ke Psikolog

Fimela.com, Jakarta Dalam merawat dan mendidik anak, banyak orang tua yang kesulitan dalam mengerti maksud atau kemauan anak, bahkan ketika anak sedang mengalami masalah. Terkadang, perubahan perilaku anak masih dianggap sepele oleh banyak orang tua. Terlepas dari apapun alasannya, perubahan ini penting untuk diperhatikan karena dapat membantu orang tua menentukan apakah anak anda membutuhkan konseling atau tidak. 

Perlu diperhatikan ketika anak anda memiliki masalah emosional atau perilaku. Semakin dini mereka mendapatkan perawatan, semakin mudah pula bagi Anda untuk membantu mereka menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi. Terlebih ketika anak anda melakukan sikap atau perilaku yang tidak seperti biasanya secara ekstrem dan berlarut-larut, maka anda perlu khawatir karena kemungkinan besar anak anda butuh bantuan seorang psikolog. 

Dilansir dari Ahead Psychology, terdapat 6 tanda anak anda membutuhkan bantuan psikologis, antara lain

Perubahan Perilaku Yang Menurunkan Performa Anak

Jika perilaku anak Anda memiliki efek negatif yang berkelanjutan pada kinerja mereka di sekolah, pertemanan, atau bahkan di dalam keluarga, kemungkinan ini bisa menjadi tanda bahwa anak anda membutuhkan bantuan dan pendampingan oleh psikolog.

 

Gejala Fisik yang Tidak Dapat Dijelaskan

Biasanya, anak sulit untuk menjelaskan dan mengutarakan perasaannya secara verbal. Nah, bisa jadi gejala-gejala yang berpengaruh pada mental anak, muncul pada fisik anak. Misalnya, jika mereka mengeluh sakit di perut atau kepala, padahal tidak ada masalah kesehatan fisik yang mendasarinya, bisa jadi ini merupakan tanda masalah kecemasan pada anak. 

Perubahan Reaksi Emosional

Hal ini biasanya bisa akan lebih terlihat ketika anak sedang bersosialisasi atau bahkan bermain dengan teman sebayanya atau bahkan sedang menempuh pendidikan formal di sekolah. 

Jika seorang anak menunjukkan tekanan yang lebih tinggi seperti mudah menangis, sedih, marah, atau tersinggung, dan merasa tidak nyaman untuk bersosialisasi dengan teman-temannya, hal ini merupakan tanda bahwa mungkin terdapat ada masalah kesehatan mental yang mereka alami.

Terkadang, sumber terpercaya seperti seorang guru, atau orang tua dari seorang teman akan sangat bermanfaat, terutama sebagai penilaian apakah anak anda mengalami masalah atau tidak. 

 

Tidak menyesuaikan diri dengan perubahan

Dalam arti kata lain, anak sulit untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam hidup mereka, terutama segala bentuk perubahan yang signifikan. Seperti, perceraian orang tua, relokasi/pindah rumah, atau bahkan kematian orang yang dicintai. Jika anak anda terus menerus mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut selama beberapa bulan, ini mungkin menandakan masalah yang lebih serius, dan ada baiknya anak anda mendapatkan bantuan dengan psikolog. 

Bullying

Di-bully merupakan salah satu keadaan yang sangat memengaruhi pikiran, suasana hati, dan perilaku seseorang terutama perilaku anak karena hal ini akan mengarah pada tekanan emosional yang berkelanjutan. Namun, jika anak anda merupakan perilaku bully, hal itu juga menunjukkan bahwa mereka mungkin membutuhkan bantuan dari pihak psikolog untuk membantu mengelola perilaku mereka, terutama dalam hubungan dengan anak-anak lain. 

Anda Merasa Stuck Dengan Keadaan

Jika anda sudah tidak tahu apa lagi yang harus dilakukan untuk membantu memperbaiki suasana hati atau perilaku anak Anda, tentunya mencari psikolog adalah ide yang baik. Mendapatkan bantuan dapat mengurangi ketegangan yang ditimbulkan pada hubungan anda dengan anak anda. 

Dengan tanda-tanda di atas, anda dapat yakin bahwa anda akan tahu apa yang harus diwaspadai dalam kesehatan mental dan kesejahteraan emosional anak anda. 

Intinya, semakin cepat anda menyadari tanda-tanda bahwa anak anda membutuhkan konseling, semakin cepat pula anda bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.

 

Penulis: Chrisstella Efivania

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading