Sukses

Parenting

9 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat Anak Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Daya ingat yang baik sangat penting agar anak mampu mengikuti pelajaran di sekolah dengan baik. Namun sayangnya, setiap anak memiliki daya ingat yang berbeda-beda.

Beberapa anak mungkin memiliki daya ingat yang cepat, sementara beberapa lainnya memiliki daya ingat yang lambat.

Tetapi kamu tak perlu khawatir, daya ingat sebenarnya bisa ditingkatkan bila orangtua mengasahnya secara cepat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 9 cara meningkatkan keterampilan anak dalam mengingat informasi. Yuk, simak selengkapnya.

1. Tempatkan anak di ruangan yang tenang

Sebelum memulai pelajaran, tempatkan si kecil di ruangan yang tenang dan bebas dari kebisingan. Hal ini menjadi faktor yang sangat penting agar buah hatimu lebih fokus belajar dan mengingat informasi.

Jauhkan dari hal-hal yang dapat memecah fokus seperti televisi, maianan, maupun hewan peliharaan.

2. Dorong si kecil untuk bertanya

Langkah awal untuk membantu si kecil mengingat informasi adalah memastikan ia memahami subjeknya. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mendorongnya untuk melakukan pertanyaan.

Dikutip dari Oxford Learning, car aini membantu anak mengembangkan pemikiran kritis mereka dan keterampilan memecahkan masalah.

 

3. Gunakan bantuan musik

Musik dapat membantu meningkatkan daya ingat balita. Sebab, lagu-lagu tertentu memiliki cara untuk melekat di kepala.

Untuk membantu meningkatkan keterampilan ini, kamu bisa menyenandungkan satu lagu sepanjang hari untuk si kecil. Cara ini efektif membantu meningkatkan kualitas memori anak.

4. Mendorong belajar aktif

Buatlah diskusi yang menarik antara kamu dan si kecil. Kamu bisa bertanya pada ana kapa yang ia pikirkaan. Hal ini mendorong si kecil menyimpan informasi dalam pikiran mereka cukup lama untuk menjawab pertanyaan tentang hal itu.

Secara tidak langsung, cara ini mengembangkan keterampilan berpikir kritis sambil meningkatkan daya ingat.

5. Libatkan indra

Ajari anakmu untuk menggunakan indranya. Misalnya, jika dia sedang belajar membaca, minta dia untuk menjiplak huruf dengan jarinya dan mengucapkannya dengan lantang.

Jika anakmu sedang belajar geografi, minta dia untuk menggambarkan peta secara visual dan menunjukkan lokasi-lokasi penting. Demikian pula, di kelas bahasa asing, kamu dapat mengajar anakmu untuk memvisualisasikan apa yang mereka pelajari untuk dikatakan.

6. Minta si kecil untuk mengajarimu

Dorong anak kamu untuk menjelaskan informasi apa yang dia pelajari kepadamu. Buatlah tantangan untuk melihat seberapa banyak dia dapat mengingat. Kemudian kembali dan tinjau salah satu materi yang anakmu tidak yakin.

7. Jadikan belajar itu mengasyikkan

Belajar di buku bisa sangat membosankan. Untuk membantu meningkatkan kemampuan mengingat anak, kamu bisa membawa si kecil langsung ke lapangan. Seperti perpustakaan atau museum.

Jika si kecil tertarik dengan materi yang sedang dipelajarinya, akan lebih mudah baginya untuk mengingatnya di kemudian hari.

8. Cobalah game yang menggunakan memori visual

Permainan kartu sederhana seperti Crazy Eights, Uno, Go Fish, dan War dapat meningkatkan memori kerja dengan dua cara.

Sementara anak-anak harus menjaga aturan permainan dalam pikiran, mereka juga harus mengingat kartu apa yang mereka miliki dan kartu mana yang telah dimainkan orang lain.

9. Jangan lupa puji dia

Setelah melakukan beberapa langkah untuk meningkatkan daya ingat anak, jangan lupa untuk memberikan pujian. Caroline DiBattisto, MD, dokter perkembangan perilaku anak menerangkan bahwa anak lebih suka mendapat pujian daripada teguran.

"Percaya atau tidak, anak-anak balita lebih mengingat pujian daripada disiplin. Jika si kecil mampu mengingat hal-hal dasar sekil apapun itu, beri dia pujian. Dengan begitu, maka kamu akan mendorongnya untuk mengingat lebih banyak sehingga ia akan terus mengulanginya,” ujar DibBattisto, dikutip dari Parents.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading