Sukses

Parenting

Hari Anak Nasional, Sudahkan Jalani 3 Peran Penting Ayah-Ibu Ini?

Fimela.com, Jakarta Pengasuhan anak merupakan serangkaian kewajiban yang harus dilakukan oleh orangtua. Dalam perjalanannya ayah dan ibu memiliki peran dan tugas masing-masing untuk dapat menyempurnakan tumbuh kembang anak.

Dr. Kresno Mulyadi, Sp. KJ dari Rumah Sakit OMNI menjelaskan bahwa ayah memiliki 3 peran penting bagi anak-anaknya, yaitu sebagai sahabat, pendidik dan terapis. Ketiga peran ini bukan hanya dibebankan kepada ayah semata, namun juga kerja sama antara ayah dan ibu yang dijelaskannya saat Webinar Modern Parent bertajuk "Ayah Hebat Harus Terlihat" yang digelar Mothercare Indonesia, Momami, dan Beaba Indonesia, 3 Juli 2021.

 

Pertama peran ayah sebagai sahabat, di mana mereka mampu menjalin komunikasi yang indah terhadap anak-anak yaitu komunikasi yang efektif. Komunikasi yang dilakukan antar subyek sehingga adanya interaksi yang setara dan dapat berdiskusi 

Kemudian mendengar aktif, di mana orangtua lebih dapat menggali apa permasalahan anak yang sedang diharapi dengan mendengarkan keluh kesahnya tanpa menghakimi, mendikte, dan menyalahkan. Serta dialog anti-kalah, kecendurungan orangtua dalam sebuah dialog yang lebih domininan. Ketika anak berbuat kesalahan, orangtua biasa berkata seperti, “Apa Ayah bilang?”, “Kamu tidak mendengarkan apa kata Ayah”, kalimat seperti ini sudah tidak dapat diterapkan kepada anak masa kini.

Ayah Sebagai Pendidik dan Terapis

Ayah sebagai pendidik

Kita analogikan mengajar bagai menuangkan air ke dalam gelas sedangkan medidik seperti merawat bunga yang tidak bisa disamaratakan karena perlakuan tiap bunga berbeda-beda dari satu bunga ke bunga lainnya. Kata kunci dari mendidik adalah memberi teladan bukan perintah karena anak cenderung mencontoh apa yang orangtuanya lakukan, membangun motivasi dan juga memberdayakan.

Ayah sebagai terapis

Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga sebagai orangtua harus mengutamakan rasa empati yang tinggi agak anak dapat mengatur emosi diri.

Peran ayah dan ibu saling melengkapi satu sama lain dan diperlukan dalam tumbuh kembang anak. Anak perempuan sampai usia 5 tahun harus mendapatkan perhatian lebih dari ayah dan ketika usia anak sudah lebih besar di sinilah tugas ibu menjadi lebih dominan.

Begitupun sebaliknya untuk anak laki-laki, hingga usia 5 tahun, akan lebih baik jika anak lebih dekat Ibu dan ketika anak beranjak lebih besar, tugas Ayah untuk lebih dekat dengan sang buah hati. Hal ini dilakukan agar secara psikologis ada keseimbangan dalam hidup hidup mereka dan juga berkaitan dengan kecerdasan anak nantinya.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading