Sukses

Parenting

7 Kebiasaan Baik yang Harus Diajarkan pada Anak sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa kebiasaan baik yang harus diajarkan pada anak sejak dini, ini tidak hanya akan membentuk karakter anak, tetapi juga akan sangat berguna hingga ia dewasa kelak. Karena itulah peran orangtua sangat penting untuk mulai mengajarkan anak kebiasan positif, tak harus dari hal berat tetapi bisa dimulai dari hal-hal sederhana, tentang kebersihan, kasih sayang atau kesehatan. Seperti yang dilansir pada laman Healthline, berikut kebiasaan baik yang harus diajarkan pada anak sejak dini.

1. Jangan melewatkan sarapan

Menanamkan rutinitas waktu makan yang teratur di masa kanak-kanak memungkinkan mereka melanjutkan kebiasaan baik ini ketika mereka lebih besar. Ajari mereka bahwa sarapan sehat, karena meningkatkan energi dan otak, membantu mereka tetap kuat serta mencegah penyakit kronis.

2. Membiasakan olahraga

Tidak semua anak menyukai olahraga. Beberapa mungkin takut kelas olahraga. Tetapi jika mereka melihat orangtu tetap aktif dan menemukan aktivitas fisik yang mereka sukai, tetap sehat dan aktif menjadi mudah. Mereka sangat mungkin membawa kecintaan mereka pada kegiatan ini hingga dewasa.

3. Membaca setiap hari

Mengembangkan keterampilan membaca yang kuat adalah komponen penting dari keberhasilan anak di sekolah sekarang, dan di tempat kerja di kemudian hari. Menurut Klinik Cleveland, membaca membantu membangun harga diri anak, hubungan dengan orang tua dan orang lain, dan kesuksesan di kemudian hari.

4. Biasakan minum air putih

Anda dapat menjaga pesan tetap sederhana. Air itu sehat. Minuman bersoda tidak sehat. Bahkan jika anak-anak tidak memahami semua alasan mengapa terlalu banyak gula tidak baik untuk mereka, orangtua dapat membantu mereka memahami dasar-dasarnya.

5. Makan bersama keluarga

Dengan jadwal keluarga yang padat, sulit untuk menemukan waktu untuk duduk dan menikmati makan bersama. Tapi itu layak untuk dicoba. Makan bersama akan membuat ikatan keluarga semakin kuat dan anak-anak akan lebih bisa menyesuaikan diri.

6. Habiskan waktu bersama teman

Persahabatan sangat penting untuk perkembangan anak usia sekolah yang sehat, menurut penelitian yang diterbitkan oleh Clinical Child and Family Psychology Review. Bermain dengan teman mengajarkan anak-anak keterampilan sosial yang berharga seperti komunikasi, kerja sama, dan pemecahan masalah. Memiliki teman juga dapat mempengaruhi kinerja mereka di sekolah.

7. Tetap positif

Sangat mudah bagi anak-anak untuk berkecil hati ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan mereka. Bantu mereka mempelajari ketahanan ketika mereka mengalami kemunduran dengan menunjukkan kepada mereka pentingnya tetap positif. Bantu anak-anak mengembangkan harga diri yang sehat dan pola pikir positif dengan mengajari mereka bahwa mereka menyenangkan, mampu, dan unik, apa pun yang mereka hadapi.

Demikianlah beberapa kebiasaan baik yang harus diajarkan pada anak sejak dini. Semoga bermanfaat. Anak-anak adalah cerminan dari didikan orangtua, jadi orangtua harus bisa membentuk karakter anak sejak dini jika ingin kelak anak-anak menjadi sukses, mandiri dan bisa bertanggung jawab pada dirinya sendiri.

 

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading