Cara Irish Bella Bonding Time pada Anak Selama Pandemi, Rajin Mendongeng

Hilda Irach26 Jul 2021, 19:30 WIB
Diperbarui 26 Jul 2021, 19:30 WIB
Cara Irish Bella Bonding Time pada Anak Selama Pandemi, Rajin Mendongeng

Fimela.com, Jakarta Pasangan Ammar Zoni dan Irish Bella kini tengah menikmati masa-masa indah menjadi orangtua. Putra mereka, Air Rumi Akbar atau akrab disapa Air saat ini memasuki 10 bulan.

Seiring dengan perkembangan putra kecil mereka, Irish Bella dan Ammar Zoni merasa tanggung jawab mereka dalam mendidik anak menjadi lebih berat. Hal ini juga merujuk soal bonding time, pengasuhan anak dan pendampingan di setiap jenjang yang berpengaruh pada perkembangan buah hati ke depannya.

Tak dapat dipungkiri, menciptakan bonding atau keterikatan antara anak dan orangtua sangat penting guna membentuk anak yang tangguh, tak mudah putus asa, dan anak yang mandiri.

Namun tentu kegiatan bonding tidaklah mudah. Untuk itu, Irish Bella dan Ammar Zoni melakukan bonding time sedini mungkin.

 

Membacakan buku untuk anak sejak dini

Cara Irish Bella Bonding Time pada Anak Selama Pandemi, Rajin Mendongeng
Begini cara Irish Bella bonding time pada putra kecilnya. (FOTO:Instagram/Irishbella).

Berbeda dari orangtua kebanyakan yang memaksimalkan kecanggihan teknologi untuk mendidik anak-anaknya lewat tayangan-tangan di ponsel atau televisi. Dalam meningkatkan bonding pada anak, Irish Bella lebih memilih mendongeng sebagai rutinitas sebelum tidur.

“Membacakan buku cerita untuk Air menjadi salah satu rutinitas yang wajib dilakukan sebelum tidur. Karena dengan membaca buku aku bisa menciptakan bonding time yang bisa memberikan ketenangan buat aku dan air,” ungkap Irish Bella selaku Chief Mama Officer Mama’s Choice dalam pertemuan virtual Mama’s Choice, Kamis (22/07/2021).

Irish Bella mengatakan cara ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan mendengar, berkomunikasi, serta mengasah kemampuan daya ingat si kecil.

“Selain jadi lebih dekat, mendongeng membantu meningkatkan interaksi anak. Sebab, saat mendongeng kita melibatkan intonasi dan emosi. Lewat intonasi dan emosi itulah anak secara perlahan belajar memahaminya. Bahkan, saat aku mendongeng, Air sering kali ikut ngomong walaupun kata-katanya belum begitu bagus,” imbuhnya.

Pandangan psikolog soal membacakan buku sedini mungkin

Cara Irish Bella Bonding Time pada Anak Selama Pandemi, Rajin Mendongeng
Begini cara Irish Bella bonding time pada putra kecilnya. (FOTO:Instagram/Irishbella).

Sependapat dengan Irish Bella, psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo juga membagikan pentingnya membaca buku bersama anak di kala pandemi. Bahkan aktivitas membaca buku sedini mungkin bisa dilakukan ketika anak masih di dalam kandungan.

“Membacakan buku cerita untuk anak memiliki banyak manfaat apalagi jika dilakukan sedini mungkin, bahkan pada anak bayi sekalipun. Selain mengembangkan minat baca pada anak, membaca buku cerita juga merupakan aktivitas yang dapat mempererat hubungan ibu dan anak,” terangnya.

Tak hanya itu, membaca juga bisa membuat kondisi mental ibu dan anak jauh lebih tenang. Hal ini disebabkan munculnya hormon oxytocin akibat adanya kedekatan secara fisik selama proses membaca.

“Hormon oxytocin dikenal sebagai hormon anti stres. Dengan begitu, membaca dapat membuat ibu dan anak lebih tenang, serta mampu melewati berbagai tantangan di masa pandemi,” tandas Vera.

Sebagai brand yang menyediakan perawatan ibu hamil, ibu menyusui dan bayi, Mama’s Choice resmi luncurkan Bundling “Irish Bella’s Baby Essential Kit” yang terdiri dari rangkaian perawatan bayi pilihan Irish Bella.

Ketika produk tersebut adalah Mama’s Choice Hair and Body Wash, Mama’s Choice Calming Tummy Oil, dan Mama’S Choice Rash Cream. Menariknya, produk ini juga disertai buku cerita anak “Dunia Bunbun” yang bisa menemani hari-hari mu bersama si kecil selama pandemi.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela