Sukses

Parenting

Ahli Sebut Meniup Lilin dan Make a Wish saat Ulang Tahun Bantu Pengembangan Diri Anak yang Positif

Fimela.com, Jakarta Merayakan ulang tahun adalah salah satu tradisi dunia untuk memperingati hari kelahiran seseorang. Di Indonesia, tiup lilin dan membuat permohonan diadaptasi menjadi bagian dari tradisi ulang tahun, terutama bagi anak-anak.

Sekilas tradisi meniup lilin dan membuat permohonan atau make-a-wish hanya sebuah rutinitas yang dilakukan saat merayakan ulang tahun. Ternyata, rutinitas ini bisa memberikan dampak yang baik bagi pengembangan diri anak.

Menurut Ayoe Sutomo, M. Psi, rutinitas meniup lilin, make a wish, hingga memotong kue membuat anak merasa spesial. Sekaligus sebagai sebuah afirmasi bahwa dirinya disayang oleh orangtua dan orang-orang di sekelilingnya.

“Ulang tahun yang dirayakan dengan memotong kue dan meniup lilin membuat anak merasa istimewa, merasa mendapatkan perhatian dan perasaan disayang. Perasaan seperti ini penting bagi anak karena merupakan bagian fundamental yang mempengaruhi bagaimana anak memandang dirinya dalam relasinya dengan lingkungan sekitar, baik ketika mereka masih bertumbuh hingga ketika dewasa nanti,” kata Ayoe Sutomo, M. Psi, Psikolog.

 

Donasi lewat lilin ulang tahun

Lebih dari sekadar meniup lilin dan make a wish, Dore pun mengajak orangtua untuk membentu sebuah rutinitas baru yang lebih bermanfaat saat merayakan ulang tahun anak. Salah satunya dengan membeli lilin di toko kue Dore seharga Rp12.000.

Semua pendapatan yang didapatkan dari penjualan lilin ini akan didonasikan ke Rumah Faye, termasuk pengadaan kue ulang tahun anak-anak yang dibina oleh Rumah Faye. DORÉ akan mengirimkan kue ulang tahun bagi setiap anak yang berulang tahun agar mereka dapat merayakan ulang tahun lengkap dengan ritual tiup lilin dan make-a-wish.

 

Bantu anak punya memori indah

Dengan cara ini, Dore juga berkomitmen untuk membantu anak-anak di Rumah Faye memiliki memori indah dari perayaan ulang tahun.

“Tak sekadar momen perayaan saja, DORÉ percaya bahwa pesta ulang tahun, tiup lilin dan make-a-wish memiliki makna tersendiri bagi anak-anak. Make-a-wish representasi dari harapan dan masa depan yang lebih baik, terlebih anak-anak di Rumah Faye adalah anak-anak telah dibebaskan dari ancaman kekerasan dan perdagangan anak. Dukungan yang kami berikan terhadap anak-anak di Rumah Faye yang bertepatan pada Hari Anak Nasional adalah manifestasi dari semangat ‘Heart of Giving’ sebagai bentuk kepedulian DORÉ terhadap sesama,” ujar Riki Kono, DORÉ Marketing Director & Co-Founder.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading