7 Ciri-ciri Anak yang Sehat secara Fisik, Patut Diperhatikan Orangtua

Imelda Rahma28 Jul 2021, 13:11 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 13:42 WIB
Anak Sehat

Fimela.com, Jakarta Anak sehat dengan tumbuh kembang normal tentu menjadi dambaan semua orangtua. Ciri-ciri anak sehat tidak hanya dilihat dari penampilan fisiknya saja, tetapi juga keadaan psikologis dan keterampilan sosial dengan lingkungan sekitarnya.

Banyak orangtua masih belum paham bagaimana mengenali kondisi anak yang sehat atau memerlukan perhatian ekstra. Padahal kondisi anak yang sehat dapat dilihat dari ciri-cirinya baik secara fisik maupun mental. 

Peka terhadap kondisi kesehatan anak sudah merupakan tanggung jawab orangtua dan sudah sepatutnya hal tersebut juga menjadi perhatian. Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 7 ciri-ciri anak yang sehat secara fisik. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Memiliki Nafsu Makan yang Baik

Memiliki Nafsu Makan yang Baik
Ilustrasi Anak Sehat Credit: pexels.com/Cottonbro

Anak yang memiliki nafsu makan baik akan dengan mudah mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, ada kalanya anak yang sehat enggan makan. Jika nafsu makan anak tidak meningkat dalam jangka waktu lama dan disertai dengan penurunan berat badan, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Napas Tidak Berbau

Napas Tidak Berbau
Ilustrasi Anak Sehat Credit: pexels.com/Helena

Mayoritas penyebab kondisi bau mulut anak adalah karena kurangnya kebersihan mulut dan perawatan gigi. Untuk menghindari bau mulut, biasakan si kecil membersihkan gigi dan mulut dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari sebelum tidur dan setelah bangun pagi.

Gigi Cerah dan Gusi Merah Muda

Gigi cerah dan gusi merah muda
Ilustrasi Anak Sehat Credit: pexels.com/Yan

Jika anak memiliki gigi yang cerah dan gusi berwarna merah muda mengkilap, hal itu menandakan anak tersebut memiliki asupan niasin, asam folat, riboflavin, dan vitamin B12 yang cukup.

Kulit Sehat dan Mudah Sembuh saat Terluka

Kulit sehat dan mudah sembuh saat terluka
Ilustrasi Anak Sehat Credit: pexels.com/Andrea

Kondisi kulit juga bisa menentukan apakah seorang anak sehat atau tidak. Jika kulit lembap dan tidak bersisik, itu menandakan asupan vitamin A, C, dan E. terpenuhi.

Suhu Tubuh Berkisar antara 36,3 Celsius - 37,3 Celsius

Suhu Tubuh Berkisar antara 36,3 Celsius - 37,3 Celsius
Ilustrasi Anak Sehat Credit: pexels.com/Emma

Suhu tubuh normal bisa berubah sepanjang hari. Suhu tubuh paling rendah terutama terjadi pada pagi hari, suhu tubuh bisa naik hingga 0,6 derajat celcius pada sore hari.

Tidak Ada Rambut Kusam dan Rontok

Tidak Ada Rambut Kusam dan Rontok
Ilustrasi Anak Sehat Credit: pexels.com/Yan

Rambut bisa menjadi cerminan dari kondisi kesehatan secara keseluruhan. Nutrisi yang cukup jelas akan mempengaruhi tekstur rambut. Anak yang kurang gizi umumnya memiliki rambut yang lebih tipis, kering, rapuh dan mudah rontok.

Bermain dengan Antusias

Bermain dengan antusias
Ilustrasi Anak Credit: pexels.com/Yan

Selama anak lincah, ceria dan aktif, berarti dia dalam keadaan sehat dan bugar.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela