5 Gejala Cacingan yang Bisa Dilihat pada Anak

Baiq Nurul Nahdiat31 Jul 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 31 Jul 2021, 09:15 WIB
Gejala Cacingan yang Bisa Dilihat pada Anak

Fimela.com, Jakarta Cacingan adalah masalah kesehatan yang biasa ditemukan pada anak. Lingkungan yang tak terjaga, kebersihan diri, makanan dan sebagainya bisa menyebabkan cacingan. Anak yang cacingan mungkin bisa dikenali dari penurunan berat badan dan terlihat lesu. Namun selain itu ada beberapa gejala cacingan yang bisa dilihat pada anak. Berikut gejala cacingan pada anak.

1. Gatal pada anus

Dilansir dari Merdeka.com, Jumat (30/07/2021), gejala cacingan yang pertama dan mudah dikenali adalah rasa gatal pada anus. Jika anak sering memegang pantat atau menggaruk bagian anusnya, ada kemungkinan bahwa anak terkena cacingan. Jika anak terbiasa bermain dengan tanah dan tidak langsung membersihkan tubuh dengan benar, telur cacing dapat masuk ke dalam tubuh. Jenis cacing kremi merupakan jenis cacing yang sering menginfeksi anak.

2. Nafsu makan menurun

Cacingan juga bisa ditandai dengan gejala penurunan nafsu makan. Berat badan anak pun akan terus menurun. Jika anak mengalami kondisi tidak mau makan, segeralah cari tau penyebabnya. Jika memang nafsu makan turun karena cacingan, sebaiknya orangtua segera melakukan pencegahan dengan memberikan obat cacing.

3. Sakit perut dan rasa tak nyaman

Gejala Cacingan yang Bisa Dilihat pada Anak
Gejala Cacingan yang Bisa Dilihat pada Anak. Credit: pexels.com/cottonbro

Sakit perut yang disebabkan oleh cacingan biasanya muncul berulang tapi tidak parah. Bila kita sering mendapati si kecil sakit perut, penting untuk segera mencari tahu penyebabnya dan menanganinya. Terkadang sakit perut juga disertai dengan mual, muntah, buang air besar disertai darah dan diare.

4. Badan kurus dan muncul ruam

Seiring dengan berkurangnya nafsu makan, tentu berat badan anak akan turun. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan nutrisi selain itu zat nutrisi yang semestinya digunakan untuk pertumbuhan anak malah diserap oleh cacing. Namun begitu, tidak semua anak yang kurus selalu mengalami cacingan. Jadi ketahui dulu apa penyebab anda menjadi lebih kurus.

5. Tidak nyaman saat tidur

Gejala Cacingan yang Bisa Dilihat pada Anak
Gejala Cacingan yang Bisa Dilihat pada Anak/copyrightshutterstock/DONOT6_STUDIO

Akibat dari cacingan, menyebabkan rasa gatal dan sakit perut. Sehingga anak yang cacingan akan merasa tak nyaman saat tidur dan sering terbangun. Jika menemukan gejala ini pada anak, segera cari tahu penyebabnya dan atasi dengan baik.

Itulah beberapa gejala yang bisa terlihat pada anak yang cacingan. Untuk mencegah cacingan pada anak bisa dilakukan dengan memberi anak obat cacing sekali dalam enam bulan, menjaga kebersihan anak dan memerhatikan lingkungan tempat bermain anak.

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela