5 Cara Melatih Anak agar Memiliki Mental Kuat

Baiq Nurul Nahdiat04 Agu 2021, 16:05 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 16:05 WIB
Cara Melatih Anak agar Memiliki Mental Kuat

Fimela.com, Jakarta Anak dengan mental kuat dipersiapkan untuk tantangan dunia. Kekuatan mental bukanlah tentang bertindak keras atau menekan emosi. Ini juga bukan tentang menjadi tidak baik atau bertindak menantang. Sebaliknya, anak-anak yang memiliki mental kuat disertai keberanian dan kepercayaan diri untuk mencapai potensi penuh mereka. Sebagai orang tua, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melatih agar anak memiliki mental kuat.

1. Tunjukkan pada anak bagaimana menjadi tangguh.

Salah satu cara terbaik untuk mengajari anak-anak kekuatan mental adalah dengan mencerminkan kualitas-kualitas ini dalam hidup orangtua sendiri. Anak-anak belajar bagaimana merespons dalam situasi yang berbeda dengan memperhatikan orang tua mereka.

2. Ajari anak mengatasi ketakutan

Jika anak menghindari sesuatu yang menakutkan, mereka tidak akan pernah mendapatkan kepercayaan diri yang mereka butuhkan untuk mengatasi perasaan tidak nyaman. Apakah anak takut gelap, atau mereka takut bertemu orang baru, bantu anak menghadapi ketakutan mereka selangkah demi selangkah.

3. Biarkan anak mengatasi tantangan

Cara Melatih Anak agar Memiliki Mental Kuat
Cara Melatih Anak agar Memiliki Mental Kuat. (Ilustrasi/Shutterstock.com/imtmphoto)

Carilah kesempatan untuk memberdayakan anak-anak untuk menjadi kuat secara mental. Orangtua dapat memberikan ketangguhan mental yang mereka butuhkan untuk menghadapi emosi yang tidak nyaman dan menangani situasi yang menantang, misalnya dengan mencoba hal baru.

4. Ajarkan ketarampilan mengatur emosi

Jangan menenangkan anak etika mereka marah atau menghiburnya setiap kali mereka sedih. Alih-alih, ajari mereka cara mengatasi emosi tidak nyaman mereka sendiri, sehingga mereka tidak bergantung pada orangtua untuk mengatur suasana hati mereka. Anak-anak yang memahami perasaan mereka dan tahu bagaimana menghadapinya lebih siap menghadapi tantangan.

5. Biarkan anak membuat kesalahan

Cara Melatih Anak agar Memiliki Mental Kuat
Cara Melatih Anak agar Memiliki Mental Kuat. (Ilustrasi/copyright shutterstock/spass)

Ajari anak bahwa kesalahan adalah bagian dari proses belajar sehingga mereka tidak merasa malu melakukan kesalahan. Biarkan konsekuensi alami ketika aman untuk melakukannya dan bicarakan bagaimana menghindari mengulangi kesalahan yang sama di lain waktu.

Yang terpenting sebagai orangtua harus memberikan contoh yang baik pada anak, karena anak adalah peniru orangtua. Dan untuk menjadikan anak bermental kuat, orangtua harus suportif, membiarkan anak berkembang dengan potensinya, tidak membandingkannya dengan orang lain serta membiarkan anak tumbuh dengan mencintai dirinya sendiri.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela