Tingkatkan Fokus Anak dengan Permainan Sensorik Menggunakan Pop Its

Fimela Reporter08 Agu 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 08 Agu 2021, 08:00 WIB
Tingkatkan Fokus Anak dengan Bermain Pop Its Toy

Fimela.com, Jakarta Memilih mainan untuk anak memang mudah dengan tersebarnya banyak jenis mainan. Namun, untuk memilih mainan yang dapat bermanfaat bagi anak tentu merupakan hal yang sama pentingnya dengan kebahagiaan anak

Pop its merupakan mainan anak yang datang dalam bentuk gelembung-gelembung dari silikon. Gelembung ini didesain untuk memberikan pengalaman sensorik yang dapat bermanfaat bagi anak-anak. Menurut hbsilicone.com, mainan Pop its akan membantu anak-anak untuk meningkatkan fokus. 

Merupakan bagian dari fidget toysflusinghospital.org menyatakan bahwa Pop its dapat membantu fokus, perhatian, ketenangan dan meningkatan keaktifan pendengaran anak. Mau tau berbagai manfaat dari permainan sensorik Pop its? Cek informasinya berikut ini. 

Baik untuk menenangkan gejala panik

Tingkatkan Fokus Anak dengan Bermain Pop Its Toy
Ilustrasi anak bermain (unsplash.com/Tanaphong Toochinda)

Mainan sensorik dipercaya dapat memberi rasa tenang dengan menyediakan dukungan eksternal untuk difokuskan. Gerakan berulang dari memutar, memencet atau menggulung Pop Its dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas anak.

Bermain dengan Pop Its yang dapat dilihat, didengar dan dirasakan oleh jari anak dapat membantu mengalihkan emosi marah dan sedih. Mainan Pop Its juga dapat menenangkan rasa gelisah dengan menyediakan outlet untuk energi. 

Membantu anak berkebutuhan khusus

Tingkatkan Fokus Anak dengan Bermain Pop Its Toy
Ilustrasi anak berkebutuhan khusus (pexels.com/Rodnae)

Menurut Dr Will Shield, dilansir dari bbc.co.uk, yang merupakan dokter psikologi anak, menyatakan mainan sensorik dapat membantu anak dengan kebutuhan khusus. Anak dengan kebutuhan khusus biasanya tertarik dengan cahaya, suara dan objek tertentu yang dapat dimainkan dengan cara disentuh. 

Mainan Pop Its akan membantu mengaktivasi satu atau lebih indera pada anak seperti penglihatan, pendengaran dan sentuhan. Mainan sensorik dapat membantu anak untuk mengendalikan emosi dan menyingkirkan emosi yang dapat menganggu anak. 

Meningkatkan kecerdasan anak

Tingkatkan Fokus Anak dengan Bermain Pop Its Toy
Ilustrasi anak (pexels.com/Helena Lopes)

Mainan Pop Its dapat membantu anak dalam mengembangkan keterampilan motorik, konsentrasi, kesadaran, keterampilan persepsi visual, peka akan warna dan ukuran dengan membuat tangan anak sibuk. 

Gelembung pada Pop Its dalam permainan dua papan untuk dua pemain dapt melatih logika matematika pada anak, strategi penalaran, mental dan pemikiran logis. Juga mainan ini dapat membantu mengembangkan kekuatan dan ketrampilan otak pada anak. 

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela