Sukses

Parenting

5 Rekomendasi Mainan untuk Membantu Stimulasi Anak yang Speech Delay

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti mengalami perjuangan yang berbeda dalam menangani anak-anak, karena setiap anak punya tahap perkembangan yang berbeda dibandingkan dengan anak lainnya. Tak bisa dipungkiri, hal ini terkadang membuat orangtua khawatir karena perkembangan anaknya tidak secepat perkembangan anak-anak lain. 

Keterlambatan yang paling dikhawatirkan oleh orangtua adalah keterlambatan bicara atau speech delay. Hal ini merupakan tantangan terbesar yang dialami oleh orangtua, karena si kecil tak kunjung bisa bicara, sehingga orangtua tak bisa memahami apa yang anaknya maksud.

Anak-anak akan lebih cepat belajar ketika dirinya bermain, hal ini didukung oleh salah satu penelitian yang menunjukkan bahwa metode belajar paling cepat bagi anak adalah melalui permainan, dikutip dari Parents.com. Maka dari itu, solusi paling ampuh untuk mengatasi speech delay adalah dengan menggunakan mainan.

Untuk orangtua dari anak-anak yang mengalami speech delay, penting untuk memberikan mainan pada anak, terutama yang tidak hanya bersifat menghibur tapi sekaligus mengembangkan koneksi saraf untuk berbicara yang sedang tumbuh, sehingga merangsang kemampuan bicara dan bahasa mereka. 

Mungkin sebagian besar orangtua yang mengalami permasalahan speech delay pada anak merasa perlu untuk membeli mainan yang dioperasikan secara digital seperti iPad atau gadget lainnya. Namun faktanya, mainan konvensional yang tak memerlukan baterai adalah alat terbaik untuk mengembangkan kemampuan bicara dan bahasa anak karena memberikan lebih banyak kesempatan bagi anak-anak untuk mengeksplorasi dan berinteraksi. 

Dilansir dari Bridging the Gap, berikut 5 jenis mainan yang bisa kamu pilih untuk membantu mengatasi speech delay pada anak.

Permainan balok

Semua jenis balok atau mainan susun adalah cara yang bagus untuk melatih keterampilan motorik halus dan koordinasi mata-tangan. Yang bagus dari permainan balok ini adalah, anak-anak bisa menumpuk, membuat bentuk-bentuk seperti kereta api, rumah, dan bentuk lainnya. 

Hal ini dapat memperluas imajinasi dan kreativitas mereka dalam membangun sesuatu dari berbagai bentuk. Kamu dapat menggabungkan keterampilan bergiliran dengan mengajak anak berbicara sambil menumpuk balok-balok tersebut. Ini juga dapat melatih anak-anak untuk melatih pembicaraannya dengan orang lain secara sederhana sambil memainkan permainan balok tersebut.

Balon

Balon adalah mainan yang sangat murah tapi efektif untuk anak-anak, terutama untuk melatih anak berbicara secara sederhana. Dalam memainkan balon, kamu dapat mencoba memompa atau meniup balon bersama-sama, dan pada saat yang sama mengatakan balon itu “besar” atau “kecil”

Balon ini juga merupakan cara yang bagus untuk memperkenalkan warna. Yang paling penting, kamu juga dapat memberikan instruksi satu hingga dua langkah kepada anak-anak yang dapat meningkatkan perhatian dan keterampilan mendengarkan mereka.

Puzzle dengan gambar binatang

Puzzle dengan gambar binatang bisa sangat menarik bagi anak-anak. Semakin menarik gambarnya, semakin mungkin anak-anak untuk terlibat dan tertarik akan gambar yang terdapat dalam puzzle tersebut. 

Ketika menyusun puzzle ini, kamu bisa sambil memberikan clue dengan mengajarkan suara hewan yang dimaksud. Dengan hal tersebut, anak-anak secara tak langsung diberikan kesempatan untuk meniru atau membuat suara dari binatang yang berbeda. 

Selalu tekankan bunyi suara hewan dengan nama hewan aslinya sehingga anak bisa mengenal setiap kata dari nama-nama hewan yang dimaksud. Hal ini juga bagus untuk mengembangkan kemampuan kognitif, sekaligus melatih keterampilan motorik halus dalam mencoba menyelesaikan puzzle.

Buku cerita

Buku cerita sederhana atau buku lagu anak merupakan mainan atau aktivitas yang sangat bagus untuk anak-anak. Pastikan untuk memilih buku mana yang menarik minat anak.

Ketika membaca, pastikan untuk memiliki variasi nada yang lebih banyak sehingga lebih menarik bagi anak-anak yang mendengarkan. Tunjuk gambar sembari mengucapkan kosa kata yang berbeda, buat efek suara, dan lakukan berbagai gerakan tangan. Teknik ini akan membuat cerita dari buku tersebut menjadi lebih bermakna bagi anak-anak yang mendengarnya.

Mobil-mobilan

Jika kamu ingin terlibat dalam permainan anak-anak, bermainlah dengan mainan mobil-mobilan atau truk. Sebagian besar anak mungkin tak akan terlalu berkonsentrasi dengan mainannya ketika bermain mobil-mobilan, sehingga ini adalah cara termudah untuk mendapatkan perhatian mereka dengan mengajak bermain sambil berinteraksi dengannya. 

Ketika bermain, pastikan kamu memiliki mobil-mobilan untuk diri sendiri dan untuk sang anak. Sehingga, kamu dapat mengintegrasikan istilah seperti “dorong” dan “tarik” ataupun “ambil” dan “berikan”. Kamu juga bisa mengucapkan kata-kata sederhana lainnya seperti mengucapkan warna mobil, ataupun memberi nama mobil, sehingga anak bisa memahami setiap istilah sederhana yang kamu ucapkan padanya. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading