Sukses

Parenting

Selain Melatih Kecerdasan Otak, Ini 5 Manfaat Permainan Kata untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Memilih mainan yang dapat melatih anak merupakan pilihan yang tepat agar dapat melatih fokus dan meningkatkan kecerdasan anak. Salah satunya menggunakan permainan susun kata, seperti word puzzle atau puzzle kata. 

Di era teknologi ini, banyak orangtua yang memilih menggunakan gadget untuk menghibur anak. Namun, hal ini dapat menjadi pilihan yang kurang baik bagi kesehatan anak. Tidak hanya dapat merusak mata, menurut millioncenters.com, gadget dapat membuat kecanduan pada anak.

Menggunakan puzzle kata sebagai alternatif bermain anak merupakan cara yang unik untuk menghabiskan waktu bersama anak. Kemampuan puzzle kata dalam melatih otak dapat membuat mereka lebih aktif dan produktif, serta dapat mengembangkan kemampuan dan kecerdasan anak

Terdapat banyak variasi puzzle kata seperti permainan tebak warna, bentuk, buah, binatang dan lainnya. Namun pemilihan puzzle kata klasik merupakan pilihan yang tepat untuk melatih anak. Berikut informasi mengenai manfaat puzzle kata bagi anak.

 

Meningkatkan kemampuan kosakata dan eja kata

Memperkenalkan puzzle kata simpel untuk anak balita akan membantu anak dalam memperbanyak kumpulan kata dengan cara yang asik. Dengan cara ini orangtua akan memperkenalkan kata-kata baru dan meningkatkan pengetahuan anak.

Selain meningkatkan daya ingat anak terhadap kata-kata, para orangtua juga dapat meningkatkan rasa pengetahuan anak terhadap kata baru. Dengan ini, orangtua akan membantu anak untuk mengerti mengenai kumpulan kata tersebut. 

Semakin banyak kumpulan kata baru, akan semakin baik tingkat kosakata dan ejaan anak. Puzzle kata dapat berperan penting untuk meningkatkan pengetahuan anak. 

Mengembangkan kemampuan pemecahan masalah

Menyelesaikan puzzle kata dapat menjadi hal yang menantang bagi anak. Puzzle kata mengharuskan anak untuk berpikir dan mencari solusi, agar masalah dalam puzzle dapat terpecahkan. Permainan ini dapat melatih anak untuk berpikir secara strategis dan logis.

Tidak hanya itu memecahkan puzzle kata dapat memberikan kepuasan dan kepercayaan diri pada anak, karena kemampuannya untuk memecahkan masalah tersebut. Dorongan untuk memecahkan masalah ini akan meningkatkan keterampilan seperti penalaran, pemecahan masalah dan pengembangan solusi.

Melatih ketekunan anak

Puzzle kata membutuhkan ketekunan dalam pengerjaannya. Bermain puzzle kata akan melatih kegigihan dan ketekunan anak. Hal ini juga baik untuk melatih mental anak agar lebih sehat. 

Memecahkan puzzle kata juga membantu anak untuk menghadapi dan menerima kegagalan dalam hidup mereka. Dengan ini, orangtua akan mengajarkan anaknya bahwa tidak apa-apa jika gagal, tetapi tidak untuk menyerah. Puzzle kata dapat dilakukan berulang kali sampai anak dapat menyelesaikan dan memecahkan masalah. 

Meningkatkan IQ

Menurut penelitian, memecahkan teka-teki puzzle dapat meningkatkan keaktifan pola pikir anak. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengurangi resiko kerusakan sel otak dan penyakin mental. Dengan bermain puzzle kata, orangtua akan membantu pertumbuhan sel-sel otak baru pada anak.

Dengan banyaknya tema dalam puzzle kata akan membantu anak dalam mengembangkan kesadaran visual. Puzzle kata adalah media yang baik untuk melatih konsentrasi anak dan meningkatkan produktivitas.

Melatih produktivitas anak

Permainan melatih otak seperti puzzle kata ini akan meningkatkan produktivitas anak. Dengan kegiatan melihat, memegang, meraba dan mengingat benda-benda yang mereka pegang akan melatih indera-indera anak.

Tidak hanya itu, bermain puzzle kata akan melatih anak melihat sesuatu dari berbagai sudut. Permainan ini akan meningkatkan kreatifitas anak dan melahirkan pemikiran "out of the box". Ini akan membantu mereka dalam meningkatkan produktivitas hidup.

 

*Penulis: Meisie Cory.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading