Sukses

Parenting

Andien Aisyah-Donna Agnesia Raih Stunting Humanitarian Awards dari 1000 Days Fund

Fimela.com, Jakarta Memberantas stunting atau kondisi gagal tumbuh kembang anak di bawah dua tahun terus digencarkan berbagai pihak. Sayangnya selama pandemi Covid-19, upaya pemberantasan stunting di Indonesia tidak berjalan secara optimal karena berbagai hambatan.

Namun meski terhambat bukan berarti berhenti, seperti yang ditunjukkan para penerima penghargaan Stunting Humanitarian Awards dari 1000 Days Fund. Dalam rangka memperingati Hari Kemanusiaan Sedunia, organisasi non-profit yang fokus dalam upaya pencegahan stunting di Indonesia tersebut menganugerahi Stunting Humanitarian Awards kepada Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, Aktris dan Pegiat Sosial Andien Aisyah, Donna Agnesia, Dokter Spesialis Gizi Klinik Arti Indira, Roche Indonesia Access, Communications & Health System Value Strategy Chapter Lead Lucia Erniawati, Chief CSR Officer of Media Group Lisa Luhur, serta Editor The Jakarta Post Marcel Thee.

 

“Selama pandemi COVID-19, lebih dari 80% upaya pemberantasan stunting di Indonesia tidak beroperasi secara optimal dikarenakan berbagai hambatan. Hal ini mengancam peningkatan angka stunting. Meski demikian, para penerima penghargaan Stunting Humanitarian Awards dari berbagai sektor ini tetap menunjukan semangat dan dedikasi tinggi untuk bersinergi dalam upaya pencegahan stunting dalam bidang mereka masing-masing. Hal ini mendorong 1000 Days Fund untuk mengapresiasi semangat kemanusiaan tersebut melalui Stunting Humanitarian Awards ini,” ujar Ketua Yayasan 1000 Days Fund Jessica Arawinda.

1 dari 3 anak Indonesia masih mengalami stunting atau kondisi gagal tumbuh kembang anak di bawah dua tahun, yang menyebabkan anak kurang cerdas dan lebih rentan terhadap berbagai penyakit, rentan meninggalkan sekolah, sulit bersaing dalam mencari pekerjaan, dan kemudian rentan terjebak dalam lingkaran kemiskinan. “Stunting adalah isu kemanusiaan. Mencegah stunting berarti memberikan kesempatan awal kehidupan yang sama untuk semua anak dan membantu pemutusan rantai kemiskinan,” ujar Jessica.

 

Award Sebagai Penyemangat

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengemukakan bahwa pihaknya mengapresiasi berbagai inisiatif pencegahan stunting oleh berbagai pihak.

“Awards ini menjadi penyemangat agar ke depannya, BKKBN bersama seluruh pihak yang terlibat dalam pencegahan stunting, termasuk 1000 Days Fund, bisa terus beriringan melakukan kampanye percepatan penanganan stunting melalui dua serangan: BKKBN melalui ‘serangan udara’ melalui promosi below, through and above dan 1000 days fund melalui ‘serangan darat’ langsung. Mari bersama kita terus dorong agar masyarakat luas bisa paham soal stunting, dan kata stunting tidak menjadi sesuatu yang terdengar asing, tetapi sesuatu yang dikenali dan dipahami bagaimana cara pencegahannya oleh semua orang.”

Sementara itu, penerima penghargaan dari Roche Indonesia, Lucia Erniawati menyampaikan pentingnya keterlibatan berbagai pihak dalam upaya pemberantasan stunting. 

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan 1000 Days Fund dalam misi memberantas stunting. Melalui Impact Stunting Center of Excellence (ISCE) yang kami bangun bersama, kami harap lebih banyak pelatihan dan inovasi yang bisa diimplementasikan untuk menekan angka stunting. Tim 1000 Days Fund telah melakukan banyak hal luar biasa untuk menyelamatkan generasi masa depan bangsa. Meski demikian, masih banyak yang harus dilakukan.  Karena itu, saya ingin mengajak lebih banyak pemangku kepentingan untuk ikut berpartisipasi dalam upaya memberantas stunting, dengan aksi sekecil apapun, dan memberikan dampak positif untuk masa depan anak Indonesia.”

Sejak didirikan pada tahun 2018, 1000 Days Fund melakukan berbagai upaya untuk menciptakan, uji coba dan mengaplikasikan solusi inovatif, berbiaya efektif untuk mengakhiri stunting di Indonesia, salah satunya melalui pendistribusian poster tinggi badan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi stunting pada anak dan memuat informasi dasar mengenai stunting dan langkah-langkah pencegahannya.

Bekerja sama dengan pemerintah lokal, BKKBN, serta perusahaan seperti Roche Indonesia, selama 3 tahun terakhir 1000 Days Fund berhasil mencegah 10,373 kasus stunting, mendistribusikan 76,866 poster tinggi badan di 25 pulau, dan melatih lebih dari 1,000 kader kesehatan, yang dengan pengetahuan dan pengalaman baru, bisa menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kualitas hidup generasi masa depan.

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading