Sukses

Parenting

7 Cara Efektif Mengobati Cacar Air pada Anak Dengan Bahan Rumahan

Fimela.com, Jakarta Cacar air atau varicella adalah virus yang umum terjadi dan sangat menular. Infeksi virus ini sering terjadi pada anak-anak dan menyebabkan gatal dan gejala seperti flu. 

Infeksi cacar air ini umumnya sembuh dalam beberapa minggu, dan tubuh kemudian akan membuat kekebalan terhadap virus. Namun, gejala cacar air ini bisa sangat menyakitkan ketika virusnya masih sangat aktif di tubuh kita ketika minggu-minggu awal. 

Gejala utama cacar air adalah ruam yang menghasilkan bintik kecil merah, yang kemudian membesar dan berisi cairan (melepuh) di seluruh bagian tubuh mulai dari wajah hingga kaki. Ruam ini akan sangat gatal dan kadang-kadang menyakitkan. Biasanya kondisi ruam gatal ini akan semakin parah ketika si kecil menggaruknya.

Namun, jangan khawatir. Terdapat banyak pengobatan dengan bahan rumahan yang dapat membantu meredakan cacar air dan mengurangi rasa gatal dari bintik kemerahan yang menyebar di seluruh tubuh. 

Melansir dari Healthline pada Rabu (1/9), berikut 7 obat alami untuk mengobati cacar air pada anak.

Menjaga asupan cairan tubuh

Demi mencegah dehidrasi, berikan anak cairan yang cukup. Kamu bisa mencukupi asupan cairannya melalui pemberian air susu ibu (ASI), susu formula, ataupun air putih.

Jika, anak sudah berusia lebih dari 6 bulan dan mampu mengonsumsi makanan padat, kamu bisa memberikan sup hangat. 

Oleskan losion yang menenangkan

Losion kalamin akan sangat membantu mengurangi rasa gatal karena bahan-bahannya yang mengandung sifat menenangkan kulit, termasuk zinc oxide

Oleskan losion ini menggunakan jari atau kapas yang bersih di area kulit yang gatal. Perlu menjadi perhatian, kamu tidak bisa menggunakan losion ini pada cacar air yang terletak di sekitar mata karena berisiko perih dan membuat mata merah.

Sajikan popsicles bebas gula

Cacar air juga bisa muncul di dalam mulut dan ini bisa sangat menyakitkan. Maka dari itu, dorong anak untuk mengisap popsicle yang bebas gula demi meredakan sariawan yang muncul akibat cacar air ini. Selain itu, ini juga memungkinkan anak mendapatkan lebih banyak cairan dan menghindari dehidrasi. 

Memakaikan sarung tangan

Menggaruk bintik-bintik lepuh mungkin akan mengurangi rasa gatal di kulitmu, tetapi itu dapat memperburuk ketidaknyamananmu dan membuat kulitmu terinfeksi. 

Demi mencegah godaan untuk menggaruk kulit saat malam hari atau ketika tidur siang, kenakan sarung tangan untuk anak, dan memotong kuku anak sehingga ia tak bisa memecahkan lepuhnya ketika tak sengaja menggaruknya. 

Mandi dengan oatmeal

Mandi oatmeal bisa menenangkan dan menghilangkan gatal untuk cacar air, selain itu mandi juga tidak akan menyebarkan cacar air dari satu area kulit ke area lain. 

Meskipun kami bisa membeli produk mandi dengan kandungan oatmeal, kamu juga dapat membuat ramuan mandi oatmeal sendiri menggunakan langkah-langkah berikut: 

  1. Gunakan satu cangkir oatmeal untuk anak yang lebih besar atau ⅓ cangkir untuk bayi atau anak kecil. Kamu bisa menggunakan oatmeal instan tanpa rasa untuk mandi sehingga bisa langsung dilarutkan dengan air hangat. 
  2. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pengolah makanan atau penggiling kopi agar membuat serpihan oatmealnya menjadi sangat kecil. 
  3. Tempatkan satu sendok makan oatmeal bubuk ke dalam segelas air hangat. Lalu campurkan oatmeal tersebut ke bak mandi, dan rendam selama tidak lebih dari 20 menit.

Selain itu, kamu juga dapat mengoleskan losion oatmeal ke kulit, karena losion ini memiliki efek menenangkan dan melembapkan pada lepuh cacar air yang gatal.

Mandi dengan baking soda

Demi menghilangkan rasa gatal, kamu bisa menggunakan soda kue pada bak mandi sehingga bisa digunakan untuk berendam. 

Tambahkan 1 cup soda kue ke dalam bak mandi air hangat, dan berendamlah selama 15-20 menit. Hal ini bisa dilakukan 3 kali sehari demi mendapatkan ketenangan pada kulitnya. 

Gunakan kompres chamomile

Cara yang terakhir adalah menggunakan teh chamomile. Teh chamomile ini memiliki efek antiseptik dan anti-inflamasi saat dioleskan ke kulitmu. 

Seduh dua hingga tiga kantong teh chamomile dan biarkan dingin atau masukkan ke dalam segelas air hangat. Kemudian, celupkan kapas lembut atau waslap ke dalam teh dan oleskan ke area kulit yang gatal. 

Setelah selesai mengoleskan kompres, tepuk kulit dengan lembut, hingga mengering sendirinya. 

Cacar air biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Dengan mengelola gejalanya dapat membantu banyak orang meringankan rasa gatalnya selama periode 2 minggu ini. 

Ingat, menggaruk bintik-bintik lepuh pada badan akan menyebabkan luka terbuka, infeksi, dan bekas luka yang tak bisa hilang. Maka dari itu, selamat mencoba ketujuh cara-cara di atas, ya!

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading