Sukses

Parenting

Tak hanya Oralit, Ini 5 Obat Alami yang Ampuh Sembuhkan Diare pada Bayi

Fimela.com, Jakarta Diare adalah salah satu penyakit yang cukup umum dan seringkali dialami oleh bayi. Perlu diketahui, diare ini merupakan cara tubuh membuang racun berbahaya dan bakteri lain dari sistem kekebalan tubuh. 

Ketika diare terjadi, buang air besar bayi menjadi tidak teratur, berair, dan terkadang bau. Meskipun masalah ini biasanya mereda salam satu atau dua hari, bayi mungkin memerlukan bantuan medis jika diarenya berlangsung lebih dari seminggu.

Bayi juga berpeluang mengalami dehidrasi parah jika kondisinya tidak ditangani secara cepat dan tidak mendapatkan pengobatan yang sesuai ketika diare. Biasanya diare dapat disembuhkan dengan memberikan oralit pada anak dengan dosis tepat sesuai usianya.

Namun, terdapat berbagai pilihan obat alami pula yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan diare yang terjadi pada bayi. Dilansir dari berbagai sumber, Fimela.com telah merangkum 5 obat alami yang ampuh menyembuhkan diare pada bayi. Apa saja obat alami tersebut? Simak penjelasan selengkapnya.

Pisang

Pisang mengandung kalium, zinc, zat besi, kalsium, magnesium, serta vitamin A dan B6. Pisang adalah salah satu makanan terbaik yang bisa dimakan bayi ketika menderita diare. Pisang akan membuat tinja bayi lebih padat karena mengandung pati resisten yang menyerap garam dan air di usus besar. 

Kalium yang ada dalam pisang juga membantu pencernaan bayi kembali normal. Ada pula serat yang ada dalam buah yang membantu mengembalikan tingkat pergerakan usus yang normal. 

Apel

Apel penuh dengan pektin yang membantu mengencangkan gerakan usus anak. Cuci apel, rebus dalam air, dan buat bubur apel (puree) agar lebih lembut dan mudah dicerna. 

Ini tidak hanya akan mencegah gerakan longgar dalam pencernaan, tetapi akan memberi bayimu energi-energi yang sangat ia butuhkan. 

Jus Pomegranate

Obat rumahan lain yang sangat efektif untuk menyembuhkan diare adalah jus pomegranate atau jus delima. Ini dapat diberikan kepada anak setiap jam untuk membantu mempertahankan cairan tubuh. 

Haluskan biji delima dalam blender dan saring atau peras dengan menggunakan kain. Jus delima ini akan mengurangi peradangan lambung dan juga meningkatkan fungsi pencernaan. 

Air Kelapa

Terlepas dari manfaat kesehatan yang diberikannya, air kelapa adalah cairan yang luar biasa untuk membantu pemulihan anak dari serangan diare. Air kelapa juga paling sering digunakan sebagai minuman rehidrasi pasca olahraga. 

Air kelapa sarat akan elektrolit seperti natrium, kalium, dan mangan yang sangat baik untuk mengatasi diare pada bayi. Minuman ini tak hanya memberikan keseimbangan cairan yang optimal tetapi juga memberikan kekuatan ada bayi. 

Disarankan untuk memberikan air kelapa pada bayi minimal 2-3 kali sehari.

ASI

ASI adalah obat yang paling ampuh untuk menangani diare si kecil karena mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi, terutama ketika sedang mengalami diare. 

ASI juga membantu mempercepat pemulihan bayi karena kandungan antibodinya yang tinggi. Jika bayimu disusui dan diberi susu formula, akan lebih baik untuk meningkatkan jumlah ASI yang ia konsumsi, karena pada masa diare, susu formula sedikit lebih sulit dicerna oleh si kecil. 

 

*Penulis: Chrisstella Efivania.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading