Sukses

Parenting

7 Cara Membiasakan Anak Berolahraga di Rumah

Fimela.com, Jakarta Tidak mudah untuk membiasakan berolahraga, khususnya bagi anak-anak. Olahraga sering dianggap sebagai kegiatan yang membosankan, sehingga anak-anak lebih suka bermain game atau menonton televisi. Mengingat kita masih dalam kondisi seperti saat ini, ada beberapa cara membiasakan anak berolahraga di rumah.

Tidak perlu kegiatan aktivitas yang berat. Selama dilakukan konsisten dan anak-anak senang menjalaninya maka itu sudah bagus bagi perkembangan dan kesehatannya. Melansir dari laman MD Anderson, Selasa (7/9/2021) ada 7 cara membiasakan anak berolahraga di rumah.

1. Jadilah panutan

Anak-anak melihat dan meniru kebiasaan orangtua, baik dan buruk. Jika anak-anak melihat orangtua aktif secara fisik dan bersenang-senang, mereka cenderung aktif dan tetap aktif sepanjang hidup mereka.

2. Gunakan olahraga sebagai transportasi

Ajak anak bersepeda ke sekolah, bersepeda untuk mengunjungi teman, atau sepatu roda ke taman. Atau biasakan anak-anak naik dan turun melalui tangga dan mengurangi penggunakan lift.

3. Libatkan seluruh keluarga

Undang semua orang untuk berpartisipasi dalam kegiatan. Ini salah satu cara paling efektif untuk mengubah kebiasaan olahraga anak. Orangtua dapat menjadi sukarelawan untuk melatih tim sepak bola dan mendorong anak-anak untuk bermain atau berenang bersama anggota keluarga yang lain.

4. Fokus pada kesenangan

Anak-anak suka bersenang-senang, jadi mereka cenderung terus berolahraga jika mereka melakukan aktivitas yang mereka sukai. Nyalakan musik selama melakukan olahraga di rumah atau melakukan kegiatan rumah lainnya.

5. Jadikan aktivitas bersama

Ajak semua anggota keluarga untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dengan catatan, setiap orang tetap berolahraga adalah mereka terlibat dan bertanggung jawab. Melihat semua orang terlibat dalam kegiatan bersama membuat anak-anak menjadi lebih bersemangat. Orangtua juga bisa membuat jadwal tetap untuk olahraga keluarga, misalnya senam, renang, jogging dan sebagainya.

6. Libatkan anak dalam kegiatan rumah tangga

Banyak pekerjaan rumah tangga, seperti memandikan hewan peliharaan tau mobil, memotong rumput, atau mengepel merupakan peluang bagus untuk melakukan sedikit aktivitas fisik. Jadi, buat anak-anak agar mau terlibat dalam tugas rumah tangga.

7. Gunakan kompetisi

Buatlah kontes antara orangtua dan anak-anak untuk melihat siapa yang bisa berlari lebih cepat, atau melakukan lebih banyak push-up atau jumping jacks. Berikan pemenang hadiah. Dan, gunakan teknologi seperti pedometer untuk melacak hasil dan kemajuanya.

Itulah beberapa cara untuk membiasakan anak-anak berolahraga di rumah. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading