Khawatir Menyusui Selama Pandemi? Yuk, Moodnya Dibikin Happy Lewat Asupan Nutrisi Bergizi!

Dwi Ariyani10 Sep 2021, 08:14 WIB
Diperbarui 15 Sep 2021, 08:51 WIB
Khawatir Menyusui Selama Pandemi? Yuk, Moodnya Dibikin Happy Lewat Asupan Nutrisi Bergizi!

Fimela.com, Jakarta Dari social distancing sampai PPKM berlevel-level, upaya pengendalian penyebaran virus Covid-19 masih terus dilakukan. Hingga quarter ketiga 2021, pemerintah menghimbau untuk tetap di rumah, membatasi aktivitas di luar rumah dan menghindari interaksi fisik dengan orang lain. Situasi ini tentunya dapat berpengaruh pada mood atau suasana hati pada ibu menyusui yang melahirkan selama pandemi.

Amankah Menyusui di Era Pandemi?

Khawatir Menyusui Selama Pandemi? Yuk, Moodnya Dibikin Happy Lewat Asupan Nutrisi Bergizi!
(c) Shutterstock

Faktanya, menyusui di era pandemi tetap dianjurkan. Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus Covid-19 belum pernah ditemukan di dalam ASI. Sehingga para ibu tidak perlu khawatir apakah dirinya dapat menularkan virus Covid-19 kepada bayi nya melalui ASI. Selain itu, ASI adalah gizi terbaik bagi bayi dan sumber perlindungan karena mengandung antibodi penting yang bisa membantu sistem daya tahan tubuh bayi melawan infeksi yang justru sangat diperlukan di era pandemi seperti saat ini. Namun, situasi lingkungan yang tidak mendukung selama pandemi inilah yang membuat proses menyusui dapat terganggu. Bagaimana cara menghilangkan kekhawatiran tersebut?

Cari Tahu Faktor yang Mengganggu Proses Menyusui

Khawatir Menyusui Selama Pandemi? Yuk, Moodnya Dibikin Happy Lewat Asupan Nutrisi Bergizi!
(c) Shutterstock

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan ibu merasa ASI-nya tidak lancar. Mulai dari proses perlekatan mulut bayi ke payudara, ibu tidak percaya diri dan mudah putus asa, serta kondisi lingkungan yang tidak mendukung.

Menjaga mood ibu menyusui inilah yang terpenting untuk dilakukan. dr. Brigitta Ida Resita Vebrianti Corebima, Sp.A(K), M.Kes. Saat ditemui tim ManisdanSedap.com, dokter Brigitta mengatakan tingkat stres yang tinggi pada ibu selama proses kehamilan sampai melahirkan di saat pandemi bisa mempengaruhi produksi ASI.

Dokter spesialis anak konsultan neonatologi di ini menyarankan untuk mencoba mencari pengalih perhatian yang membahagiakan. Misalnya mensyukuri setiap langkah yang sudah dilakukan karena masih bisa melalui pandemi dari kehamilan sampai menyusui. Nonton drakor, membuat video TikTok, atau mencari tahu asupan nutrisi enak untuk dikonsumsi selama menyusui juga menyenangkan untuk dilakukan, lho.

Pandemi atau Tidak Pandemi, Nutrisi Sehat Harus Dicukupi

Untuk memproduksi ASI yang melimpah, ibu menyusui wajib menjaga asupan gizi yang seimbang, tinggi protein dan lemak baik. Bukan hanya yang rasanya mengenyangkan, sebaiknya pilih kombinasi yang bergizi dan enak dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan tubuh saat menyusui.

dr Brigitta mengingatkan jangan merasa malu dan rendah diri jika merasa memerlukan ASI booster. Akan ada banyak saran bagaimana memilih ASI booster terbaik, tapi jangan sembarangan mengkonsumsi. Demi memproduksi ASI yang cukup untuk bayi, terkadang semua saran soal ASI booster dibeli dan dikonsumsi secara bersamaan. Mulai dari bahan herbal atau jamu-jamuan, susu atau sajian minuman dan makanan. Tidak peduli rasanya, semua dijadikan satu agar produksi ASI melimpah. Namun ingat, perasaan tertekan saat harus mengonsumsi tersebut juga dapat menimbulkan afirmasi negatif pada ibu menyusui. Pilihlah ASI booster yang bisa dikonsumsi dengan cara menyenangkan.

Bagaimana Cara Memilih ASI Booster

Saat ini tersedia banyak pilihan ASI booster dengan sajian yang beragam, namun ibu harus pintar memilih mana yang tepat. Cobalah berpikir dengan tenang saat memilih ASI booster mana yang memiliki komposisi nutrisi pas dengan rasa yang enak sehingga dapat mendorong munculnya mood yang happy dari diri ibu menyusui. Kini telah hadir produk ASI booster yang dapat direkomendasikan untuk stok para ibu menyusui di rumah, yaitu Multigrain Mylk

Khawatir Menyusui Selama Pandemi? Yuk, Moodnya Dibikin Happy Lewat Asupan Nutrisi Bergizi!
(c) Instagram/wannabenutrition

Multigrain Mylk yang diproduksi oleh WannabeNutrition Malang ini merupakan produk olahan susu soya yang diperkaya dengan ekstrak Sweet Leaf (Daun Katuk) & Fenugreek sebagai ASI booster. Multigrain Mylk mengandung kalori, protein, lemak dan nutrisi lain yang telah dihitung secara presisi oleh ahli gizi sehingga dipastikan dapat mencukupi kebutuhan ibu menyusui. 

Menariknya, Multigrain Mylk juga tersedia untuk ibu menyusui yang non diet alergi dan sedang diet alergi. Komposisi Multigrain Mylk untuk Diet Alergi tentu tidak ada kandungan bahan alergen (100% memenuhi standar diet alergi/Bstik), namun tanpa mengurangi kualitas isi dan kemampuan ASI booster. Sedangkan Multigrain Mylk untuk Non Diet Alergi mengandung tambahan bahan premium (almond, rolled oats, chia seed). Sehingga para ibu tidak perlu khawatir jika dirinya memiliki alergi.

Multigrain Mylk aman dikonsumsi setiap hari untuk ibu menyusui dengan 5 varian rasa yang lezat. Mulai Chocolate (Organic Dark Chocolate 80%), Matcha (Organic Matcha), Strawberry (Organic Strawberry), Coffee (Expresso), dan Vanila (Organic Vanila extract). Dengan pilihan rasa yang bervariasi ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan mood para ibu menyusui. Selain itu, tentunya dukungan dari keluarga, teman, dan lingkungan juga sangat penting untuk keberhasilan ibu menyusui.

Produk ASI booster dengan rasa yang enak ini dapat pre-order langsung lewat ManisdanSedap.com. Merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com, ManisdanSedap.com hadir untuk memanjakan pecinta kuliner. Platform ini juga membantu para pemilik UMKM sebagai 'etalase' online dengan tombol pembelian langsung ke Whatsapp seller.

Yuk pesan untuk stock di rumah atau dikirim sebagai hampers teman yang sedang menyusui? Tentu bisa!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

What's On Fimela