4 Tanda Toxic Parents yang Tidak Boleh Diabaikan

Gayuh Tri Pinjungwati14 Sep 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 14 Sep 2021, 08:15 WIB
Ibu dan anak

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar orangtua ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Kita semua berharap orangtua kita dapat membesarkan, membimbing dan memberikan kekuatan kepada kita. Tetapi bagaimana jika Sahabat Fimela memiliki orangtua yang toxic? Ada beberapa tanda yang perlu kamu perhatikan tentang orangtua yang toxic dan bahkan membuatmu merasa kurang percaya diri. Yuk, perhatikan beberapa tanda di bawah ini.

Mereka Egois

Merupakan kewajiab orangtua untuk menjaga kepentingan dan kebutuhan anak mereka. Jika kamu memiliki orang tua yang toxic, mereka akan menempatkan kebutuhan mereka di atas kebutuhanmu dan akan terlalu sibuk dan egois untuk memperhatikanmu.

Mereka Terlalu Suka Mengendalikan

Tentu, orangtua memang memiliki suara dalam keputusan hidup kita, tetapi bagaimana jika mereka cenderung melewati batas? Orangtua yang toxic bisa menjadi sedikit terlalu mengontrol dan dapat memanipulasi anak-anak mereka sampai batas tertentu. Mereka mungkin tidak membiarkan kmu membuat keputusan sendiri dan mungkin memengaruhimu sepanjang hidupmu.

Tidak Mudah untuk Meminta Maaf

Toxix parents
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Twinsterphoto

Orangtua juga manusia, mereka kadang-kadang bisa melewati batas atau sedikit terlalu menekanmu. Kadang-kadang mereka mungkin mengatakan hal-hal yang sangat menyakitkan yang tidak mereka maksudkan. Pada saat seperti itu, jika orangtuamu tidak meminta maaf dan merasa bahwa mereka tidak melakukan kesalahan, maka mereka mungkin terlalu toxic.

Membuatmu Merasa Tidak Percaya Diri

Memberikan pujian kecil, atau mendukung segala tujuanmu bisa menjadi sebuah kekuatan untuk membantumu tampil percaya diri. Tetapi jika kamu memiliki orangtua yang toxic, kemungkinan besar mereka tidak pernah memuji dan tidak pernah membuatmu merasa nyaman dengan diri sendiri. Mereka selalu mengolok-olok hal-hal yang tidak dapat kamu lakukan dan menyoroti kesalahanmu. Bahkan mungkin kamu dibandingkan dengan anak lainnya.

Kuatkan mentalmu ketika menghadapi orangtua yang toxic. Kamu bisa mendapatkan dukungan dari orang lain. Bahkan kamu bisa menunjukkan prestasi kepada orangtuamu, itu mungkin bisa membuat mereka lebih sadar.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela