Penelitian Membuktikan, Anak Lebih Sayang Hewan Peliharaan daripada Saudara Kandung

Febi Anindya Kirana22 Sep 2021, 15:50 WIB
Diperbarui 22 Sep 2021, 17:11 WIB
hewan peliharaan

Fimela.com, Jakarta Jika kamu termasuk orang yang menyukai binatang, mungkin kamu sudah merasakannya sendiri bahwa terkadang kita memang lebih sayang kepada hewan peliharaan daripada saudara kandung sendiri.

Dan ternyata perasaan ini benar adanya, bahkan penelitian telah membuktikan secara ilmiah bahwa hewan peliharaan memang memiliki "kedudukan" lebih tinggi dibanding saudara sendiri.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Cambridge menemukan bahwa ikatan anak-anak dengan hewan peliharaannya lebih baik daripada dengan saudara kandungnya sendiri, baik kakak maupun adik, laki-laki maupun perempuan.

Hewan peliharaan lebih disayang daripada saudara sendiri

Hewan Peliharaan Anjing
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Peneliti mengadakan survei terhadap 77 anak yang memiliki hewan peliharaan dan saudara kandung di rumah. Mereka ditanya seperti apakah hubungan mereka dengan hewan peliharaan dan saudara kandungnya.

Hasilnya, anak-anak diketahui merasa lebih nyaman dengan hewan peliharaan dibandingkan dengan saudara kandungnya. Bahkan banyak di antara mereka mengaku suka berbagi rahasi dengan anjing dan kucingnya dibandingkan dengan saudara sendiri.

Matt Cassels sebagai pemimpin penelitian ini mengatakan, "Meskipun hewan peliharaan mungkin tidak sepenuhnya mengerti atau merespon secara verbal, tapi tingkat kepercayaan kepada hewan peliharaan tetap lebih tinggi dibandingkan kepada saudara kandung sendiri."

"Fakta bahwa hewan peliharaan tidak dapat memahami atau menanggapi dengan berbicara justru mungkin lebih bermanfaat, karena itu berarti mereka benar-benar tidak menghakimi."

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Applied Developmental Psychology ini juga menunjukkan bahwa anak-anak lebih terikat erat dengan hewan peliharaannya dan merasa lebih puas dalam hidup justru karena tidak ada ruang untuk menghakimi. Hewan peliharaan hanya mendengarkan dengan sabar dan tidak membalas omongan.

Jadi, sebenarnya tidak mengherankan ya Sahabat Fimela jika kita selalu lebih sayang kepada hewan peliharaan dibandingkan saudara sendiri. Meski demikian jangan sampai punya hubungan buruk dengan kakak atau adik di rumah ya.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela