Sukses

Parenting

3 Gejala Long Covid pada Anak yang Sering Ditemukan Para Dokter

Fimela.com, Jakarta Virus Corona covid-19 bisa menyerang siapa saja. Tak hanya orang tua saja, anak-anak juga banyak yang terpapar virus Covid-19. Keunikan dari virus corona ialah, efek yang banyak dialami orang-orang setelah dinyatakan negatif dari virus ini. 

Bahkan banyak yang mengalami efek panjang, yang dikenal dengan long covid, setelah sembuh dari Covid-19. Efek ini tidak bisa diprediksi berapa lama akan mempengaruhi kesehatan seseorang. Bahkan tak hanya orang tua saja, anak-anak juga banyak yang mengalami long covid. 

Dikutip dari huffpost.com, simak beberapa gejala long covid yang dialami anak-anak menurut para dokter. 

1. Cepat lelah 

Yang umum terjadi setelah sembuh dari virus corona adalah rasa lelah yang tak kunjung reda. Banyak orang yang akan mengalami penurunan staminda begitu juga pada anak-anak. Mereka akan merasa cepat lelah saat beraktivitas dan ada juga yang mengalami rasa ingin tidur di segala kesempatan. 

 

2. Sulit mengingat

Hal lainnya yang banyak dihadapi oleh anak-anak setelah sembuh dari Covid-19 adalah sulit mengingat dan konsentrasi. Walau hal ini tidak terjadi pada semua anak, namun rata-rata banyak yang mengalami masalah ini setelah mereka pulih dari covid-19. 

Menurut American Academy of Pediatrics, hal ini memperlihatkan kurangnya fokus anak menyerupai penderita ADHD namun tanpa sikap hiperaktif.

3. Sulit bernapas

Hal lain yang juga dihadapi anak-anak setelah sembuh dari Covid-19 adalah sulit bernapas. Biasanya dada akan terasa sesak dan napas tersenggal-senggal. Hal ini tidak terjadi permanen. Namun jika sangat mengganggu, maka segeralah temui dokter paru-paru untuk mengatasi gangguan pernapasan pada anak. 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading