Bukan Sekadar Prestasi Akademis, Berikut Cara Membimbing Anak Menjadi Sukses

Fimela Reporter27 Sep 2021, 18:53 WIB
Diperbarui 27 Sep 2021, 19:24 WIB
Mendikte anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pastinya sering membagikan prestasi anaknya kepada orang lain. Anak menjadi kebanggaan tersendiri bagi para orangtua dengan prestasi yang telah dicapai. Tetapi hal tersebut jadinya membuat para orangtua menuntut anak untuk selalu berprestasi.

Namun, apakah para orangtua tahu jika sebenarnya kunci kesuksesan seorang anak bukanlah hanya dilihat dari nilai akademiknya saja? Untuk bisa sukses di masa depan, seorang anak tidak hanya membutuhkan kecerdasan akademik saja tetapi juga kekuatan baik dalam pengembangan diri seorang anak. Inilah saatnya orangtua berperan penting dalam mendorong pentingnya kekuatan baik dari dalam untuk tumbuh kembang anak secara utuh.

Dengan itu, Biskuat mempersembahkan sebuah gerakan inisiatif #GerakanTiger bagi para orangtua untuk mampu memberikan dukungan yang penuh terhadap pengembangan kekuatan di dalam diri setiap anak. Dikarenakan Biskuat percaya dalam hal ini bahwa setiap anak mempunyai potensi yang tidak terbatas di luar apa yang terlihat.

Potensi seorang anak tidak hanya diliat dari nilai rapor saja

Cara Membimbing Anak Menjadi Sukses
Cara Membimbing Anak Menjadi Sukses/ copyright fimela

Orangtua pasti bangga kalau anaknya mempunyai fisik kuat dan akademik yang bagus serta memperoleh prestasi yang luar biasa. Namun, perlu didukung dengan adanya kekuatan dari dalam (inner strenght) agar karakter anak lebih kuat. Semua anak unggul dan cemerlang dalam bidangnya masing-masing. Jika setiap anak dapat dihargai, apapun potensinya kekuatan dari dalam dan rasa percaya dirinya akan muncul yang membuat karakter seorang anak menjadi hebat.

Pendidikan karakter menjadi sebuah kunci bagi anak untuk masa depannya

Kak Seto
Kak Seto/ copyright fimela

Dalam melihat potensi anak di Indonesia, pasti mereka mempunyai potensi dan bakat jika digali lebih dalam. Tentunya untuk membangun potensi anak dimasa depan perlu ditanamkannya karakter dalam diri mereka sejak awal.

“Orangtua harus bijak dalam pemikiran anak jaman sekarang. Mereka harus bisa melihat apa itu makna pendidikan yang mana makna pendidikan pada anak yaitu mengembangkan potensinya bukan menumpuknya dengan berbagai macam hafalan.” Ujar Kak Seto, Brand Ambassador, Psikolog Anak, dan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), dalam pertemuan virtual, Senin (27/09/202)

Orangtua sebagau support system terbaik untuk anak

Maggie Effendy
Maggie Effendy/ copyright fimela

Dengan hal itu dalam inisiatif #GerakanTiger mimpi besar dari generasi biskuat yaitu dapat merangkul para orangtua bahwa penting menjadi pendorong bagi anak. Akan semakin banyak anak-anak di masa depan yang lahir denga potensi dan karakter yang kuat. Selain itu, akan semakin banyak lagi wadah-wadah biskuat ke depannya untuk membangun bakat-bakat anak Indonesia.

“Semakin banyak orangtua setuju dengan pernyataan yang kami ingin kembangkan bahwa potensi anak itu tidak hanya diukur dari sekadar nilai akademis, prestasi, dan medali tetapi kita perlu membangun karakter yang kuat dan positif yang kami sebut sebagai inner strenght.” Ujar Maggie Effendy, Head of Marketing Mondelez Indonesia, dalam pertemuan virtual, Senin (27/09/202)

Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak

Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dengan sikap rendah hati yaitu dengan komunikasi dalam keluarga. Wadah untuk komunikasi keluarga bisa dalam bentuk seperti rapat keluarga. Dalam menjalankan komunikasi, orangtua harus mau dikritik oleh anak agar memicu diskusi keduanya untuk membentuk karakter seorang anak. Selain itu, jika anak merasa gagal orangtua harus bisa mengkomunikasikannya dengan baik. Mereka harus yakin bahwa setiap anak mempunyai potensinya masing-masing agar menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

“jadi manusia itu gaperlu benar terus kok! jadi manusia itu salah boleh tapi, targetnya adalah kedepannya harus lebih banyak benarnya daripada salahnya” ujar Monar Ratuliu, Moms Influencer, dalam pertemuan virtual, Senin (27/09/202)

Dalam rangka mendukung gerakan inisiatif #GerakanTiger, Biskuat mengajak para orangtua untuk mengisi petisi #GerakanTiger di https://www.generasitiger.com/ pada hari ini sampai tanggal 13 November 2021 dengan hanya mengisi biodata demi  mewujudkan generasi terbaik Indonesia yang memilih karakter generasi tiger.

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela