7 Cara untuk Mengikuti Program Anak Kembar yang Efektif

Vania Al kautsar29 Sep 2021, 19:35 WIB
Diperbarui 29 Sep 2021, 19:35 WIB
hamil anak kembar

Fimela.com, Jakarta Sudah pernah dengar tentang program anak kembar? Atau ingin mempunyai rencana program anak kembar? Bagi yang mempunyai gen keturunan anak kembar kemungkinan akan hamil anak kembar, namun bagi yang tidak memiliki gen kembar apakah bisa untuk memiliki anak kembar?

Bagi sebagian orang memiliki anak kembar sangatlah unik dan lucu, karena dapat mengandung dua keberuntungan dan kebahagiaan sekaligus. Ternyata hamil anak kembar ini terjadi ketika ada dua sel telur yang dibuahi oleh dua sel sperma yang berbeda kemudian mengakibatkan dua embrio di dalam rahim.

Sebagai calon ibu yang ingin memulai program anak kembar, yuk cari tahu apa saja sih cara untuk mengikuti program anak kembar yang dapat dilakukan? Simak berikut ini ya :

1. Mengetahui Riwayat Keluarga

Tidak Terpaku Pada Pemikiran Konservatif Tentang Peran dalam Keluarga
Ilustrasi Pasangan Suami Istri Credit: pexels.com/pixabay

Sebelum kalian ingin memulai program anak kembar, sebaiknya untuk mengetahui riwayat keluarga terlebih dahulu. Hal ini dilakukan apakah kamu dapat menghasilkan anak kembar atau tidak, terkadang ketika kamu memiliki gen keturunan kembar dapat memudahkan kamu untuk dapat hamil anak kembar.

Akan tetapi, jika kamu tidak memiliki garis keturunan kembar, kamu harus berusaha lebih keras untuk mengikuti program anak kembar tersebut.

2. Menaikkan berat badan

Mengetahui riwayat keluarga saja ternyata tak cukup lho, kalian juga perlu untuk menaikkan berat badan. Ternyata menaikkan berat badan juga menjadi salah satu cara untuk program anak kembar yang bisa kamu lakukan lho.

Misalnya jika seorang wanita dengan Bdy Mass Index (BMI) 30, akan memiliki peluang hamil anak kembar yang lebih besar, daripada wanita yang mempunyai bobot lebih kecil. Ada baiknya jika ingin mencoba untuk mengikuti program bayi kembar untuk menaikkan berat badan. Pasalnya jika berat badan bertambah maka akan memberikan kesuburan di area reproduksi yang ikut bertambah.

3. Mengonsumsi Makanan atau Minuman olahan Susu

Susu Rendah Lemak
Ilustrasi Susu Rendah Lemak Credit: pexels.com/Charlotte

Siapa disini yang suka minum susu? Ternyata jika kita mengonsumsi lebih banyak makanan atau minuman yang terdapat dari olahan susu dapat meningkatkan peluang mendapatkan anak kembar lho.

Nah, jika kita semakin banyak untuk mengonsumsi makanan atau minuman olahan susu, seperti yogurt dan keju, dapat meningkatkan efektivitas kesuburan wanita. Hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara program hamil anak kembar yang dapat dilakukan untuk wanita.

4. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Asam Folat

Selain mengonsumsi makanan atau minuman dari olahan susu, jenis makanan yang mengandung asam folat ini juga dapat membantu serangkaian program diet kalian. Nah sebenarnya juga banyak makanan yang mengandung asam folat, seperti bayam, alpukat, brokoli dan asparagus.

Semua makanan tersebut yang mengandung asam folat dapat kita konsumsi sebagai rangkaian dari program anak kembar. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung asam folat dapat meningkatkan hormon yang membantu perkembangan dari sel telur agar lebih sehat, serta lebih subur.

5. Meningkatkan Intensitas dalam Bercinta

Kesiapan Mental
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/ArtemBeliakin

Meningkatkan intensitas bercinta dapat menjadikan cara untuk program hami bayi kembar, hal ini yang wajib kamu lakukan. Namun untuk menginginkan hamil anak kembar, kalian harus mengetahui posisi bercinta yang tepat dan dapat meningkatkan potensi hamil bayi kembar, seperti miionaris.

Misionaris adalah posisi seks yang paling sederhana dan paling popular. Hal ini karena posisi misionaris dapat dipercaya memberikan peluang lebih besar untuk bisa hamil anak kembar. Selain itu posisi ini juga populer karena banyak dilakukan oleh pasangan suami istri, yang sedang menjalankan program anak kembar.

6. Melakukan Pengecekan Sperma Perempuan

Ternyata tidak hanya laki-laki saja lho yang harus melakukan pengecekan sperma, perempuan juga haru melakukan hal tersebut. Pengecekan sperma perempuan ini menjadi salah satu program anak kembar. Sperma perempuan juga memiliki pergerakan berenang yang lebih lambat daripada laki-laki.

Namun sperma perempuan ternyata memiliki kemampuan bertahan hidup lebih lama, sekitar 72 hari daripada dengan laki-laki yang hanya mampu bertahan selama 24 jam saja.

7. Menggunakan Metode Bayi Tabung

perjuangan bayi tabung
Ilustrasi hamil./Copyright shutterstock.com/g/aksakalko

Yang terakhir yaitu dengan mengggunakan metode bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF). Dengan cara ini biasamya digunakan oleh pasangan yang tidak memiliki garis keturunan kembar. Dengan menggunakan metode ini, terdapat kemungkinan terjadinya kehamilan anak kembar yang berada di kisaran 1 hingga 5.

Selain itu jika kalian akan menjalami program bayi tabung ini, rahim ibu akan ditanami lebih dari satu embrio. Hal ini juga diharapkan dapat memberikan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan anak kembar.

Nah, di atas adalah cara untuk memulai program anak kembar, bagi kalian yang menginginkan anak kembar dapat mencoba beberapa tipsnya.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela