Sukses

Parenting

5 Ciri Bayi Cerdas yang Paling Terlihat Ketika Usianya Menginjak 4 Bulan

Fimela.com, Jakarta Semua orangtua pasti menginginkan bayi yang cerdas. Memiliki bayi cerdas tentu saja akan membuat orangtua merasa sangat bahagia dan gembira jika bisa melihat tumbuh dan kembangnya. 

Bahkan, orangtua telah mengupayakan memiliki anak yang cerdas sejak bayi masih di dalam kandungan. Ibu berusaha untuk memenuhi nutrisi bayi dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang memiliki kandungan penting bagi pertumbuhan bayi

Kecerdasan bayi bisa terlihat sejak dini, bahkan pada masa awal kehidupannya. Ketika usia bayi menginjak 4 bulan, tanda-tanda kecerdasan ini sudah bisa dilihat dari hal-hal yang ia lakukan setiap harinya. 

Melansir dari berbagai sumber, Fimela.com telah merangkum 5 ciri kecerdasan yang paling terlihat pada bayi usia 4 bulan. Apa saja kelima ciri tersebut? Simak ulasannya di bawah ini. 

Mulai Membentuk Kata-kata

Ketika bayi menginjak 4 bulan hingga 6 bulan, mereka mulai bisa membangun kemampuan untuk membentuk kata-kata dan dapat mengulang kata-kata yang kita ajarkan. 

Misalnya, seperti ketika orangtua mengucapkan kata yang mudah seperti “mama” dan “papa”. Mereka bisa menirukan hal itu walau mungkin agak kurang jelas. Ketika mereka bisa menirukan kata tersebut, kamu harus memberikan respons yang baik sehingga mereka lebih semangat dalam mengucapkan kata-kata itu. 

Mereka biasanya mulai berceloteh dengan bergumam, membuat bunyi-bunyian sehingga mereka dapat menunjukkan ciri bayi yang cedas. Ketika bayi terbiasa dalam mengatakan kata-kata tersebut, mereka akan terstimulasi dan bisa berbicara lebih cepat dibanding bayi lainnya. 

Dapat Mendorong Dengan Kakinya

Di usia 4 bulan, bayi sudah mulai bisa menendang dan mendorong benda dengan menggunakan kekuatan kaki mereka. Misalnya, mereka mulai menendang barang atau mainan yang ada di sekitarnya menggunakan kakinya. 

Jika bayi telah menunjukkan tanda seperti ini, maka mereka adalah bayi yang memiliki perkembangan yang cepat, dan termasuk bayi yang cerdas.

Hanya Tidur Sebentar

Bayi yang cerdas umumnya punya tingkat energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi sebayanya. Mereka hanya tidur sebentar atau tidak mudah mengantuk. Namun, mereka tidak jadi rewel seperti anak-anak lain bila kurang tidur. 

Hal ini dikarenakan otak yang bergerak cepat membuat mereka butuh lebih banyak waktu untuk ‘mematikan’-nya. Itulah mengapa ia lebih lama terjaga dibandingkan bayi lain seusia mereka. 

Menirukan Suara Hanya Dengan Melihat Pergerakan Bibir

Bayi yang berusia 4 bulan dapat dilihat kecerdasannya ketika mereka mulai bisa menirukan suara orang lain. Mereka bisa menirukan suara hanya dengan melihat bagaimana pergerakan mulut dari orang yang berbicara. 

Namun, mereka baru mampu untuk mengucapkan kata-kata sederhana dengan dua suku kata dan berkonsonan huruf A.

Tengkurap dan Mengangkat Dada

Bayi berkembang secara pesat terutama perkembangan fisik pada bayi yang berusia 4 bulan. Bayi yang cerdas sudah bisa membalikkan badan mereka. Mereka bisa membalikkan badan mereka dari posisi telentang ke tengkurap, begitupun sebaliknya. Mereka juga bisa menegakkan kaki dan tangan mereka.  

Hal inilah yang menunjukkan bahwa tubuh mereka sudah semakin kuat. Gerakan ini juga bisa membantu untuk memperkuat leher dan kepala karena sebentar lagi mereka akan belajar bagaimana caranya untuk duduk. 

Ketika bayi sudah berhasil melakukan hal-hal tersebut, penting bagi orangtua untuk selalu mendampingi mereka, supaya mereka selalu aman dan tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading