Sukses

Parenting

Lacak Perkembangan Bayi Usia 3 Minggu agar Tumbuh Kembang Optimal

Fimela.com, Jakarta Perkembangan bayi semakin kuat setiap harinya. Pada usia tiga minggu bayi sedang bertumbuh dan mendapati kekuatannya. Meski kepalanya masih goyah dan perlu ditopang saat kita memegangnya, biasanya bayi sudah bisa menangkatnya selama beberapa detik atau bahkan memutarnya dari satu sisi ke sisi yang lain.

Milestone tersebut berjalan seiring dengan penglihatan yang cepat matang, karena dia mengembangkan keinginan untuk melihat dunia sekitarnya terutama orangtuanya, seperti melansir dari parents.com. Bayi kecil suka melihat wajah, jadi beri dia banyak waktu untuk menatapmu.

Cobalah menjulurkan lidah dan kemungkinan besar ia akan mengikuti dan menirunya. Mainan berpola berani seperti bola, kerincingan, atau papan catur berwarna hitam dan putih juga menarik perhatian dan meningkatkan penglihatannya. 

Untuk waktu tidur, bayi berusia 2-3 minggu sebagian besar butuh waktu selama 16-18 jam sehari, biasanya dalam rentang tiga sampai empat jam. Setelah itu, perutnya yang keroncongan akan membangungkannya dan jadi alarm makan malam dengan auto-menangis.

Bayi masih belajar membedakan siang dan malam, mereka biasanya tidak menyesuaikan diri dengan jadwal yang teratur hingga usia 6 minggu atau lebih. Tetaplah fleksibel dalam menidurkannya, bisa di ayunan, bouncer, atau tempat terbaik lainnya.

Belajar Menenangkan Diri

Dalam beberapa minggu pertama, bayi sering menangis dan memuncak sampai usia 6 minggu. Meski rengekan dan ratapan adalah hal yang normal bagi bayi, hal ini bisa membuat orangtua stres, terutama jika kita tidak bisa menenangkannya. 

Meski banyak alasan untuk bayi menangis, terkadang mereka hanya menangis untuk melampiaskan emosinya yang tidak terkendali. Yaitu saat merasa terlalu bersemangat atau terlalu lelah yang membantu mereka menenangkan diri.

Jadi, jika ia tidak lapar, popoknya masih kering namun menjadi sangat rewel, tak apa membiarkannya menangis sebentar. Karena dengan begitu, kita memberinya kesempatan untuk mengasah keterampilan menenangkan diri yang berharga untuk dipelajari bayi.

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading