Sukses

Parenting

Panduan Penting bagi Ibu Menyusui, 4 Cara Sederhana yang Bisa Bantu Memperlancar ASI

Fimela.com, Jakarta ASI bisa dibilang adalah tantangan tersendiri bagi ibu menyusui, terutama untuk mereka yang baru memiliki anak pertama. Apa kamu juga sedang merasakannya, Sahabat FIMELA?

Adalah hal yang wajar dan umum dialami oleh para ibu menyusui, jika ASI mereka tidak keluar secara lancar atau bahkan tidak keluar sama sekali. Beberapa faktor penyebabnya bisa saja karena stres, terlalu banyak pikiran, atau tubuh mereka terlalu lelah.

Tidak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang dirangkum oleh Tim FIMELA, yang bisa membantu memperlancar keluarnya ASI. Penasaran?

1. Pijat oksitosin dan pijat payudara

Ibu menyusui disarankan melakukan pijat oksitosin untuk membantu memicu hormon oksitosin, yang pada akhirnya bisa membantu mengurangi stres dan rasa cemas berlebihan. Pijat oksitosin dilakukan di area punggung, tepatnya di sepanjang tulang belakang dan akan efektif jika dilakukan secara rutin.

Ibu menyusui juga bisa menggunakan Lactamaso Oil dari Bonnels yang diformulasi secara khusus untuk membantu melancarkan produksi ASI, mengurangi ketegangan pada area payudara, merawat kelembapan kulit, dan membantu merelaksasi. Kandungan produk ini adalah pure essential oil fennel, basil, lavender, jojoba, sweet almond, dan coconut oil, yang disarankan untuk dioleskan secara merata di bagian sisi payudara, jangan sampai terkena puting, dan pijat lembut dua kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

2. Tidur yang cukup

Studi dari Universitas Pennsylvania, Amerika menunjukkan bahwa seseorang yang hanya tidur 5 jam selama 7 hari, sangat rentan terkena stres, menjadi sering marah, sedih, dan mengalami kelelahan mental. Yang jelas, ini juga berpengaruh pada produksi hormon oksitosin, yang juga memengaruhi produksi ASI.

Untuk ibu menyusui yang juga sedang mengalami kesulitan tidur di malam hari, bisa mencoba Lavender Essential Oil yang sangat baik dalam meningkatkan kualitas tidur, memberi efek relaksasi, mengurangi rasa cemas, dan stres. Selain itu, ibu menyusui juga bisa menggunakan Nite Oil dari Bonnels, gabungan dari minyak esensial lavender, lemon, dan kenanga dengan aroma yang lembut dan menyegarkan.

3. Memperbaiki kualitas udara

Untuk orang dewasa, menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan menjaga asupan nutrisi, minum vitamin, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga. Sedangkan untuk bayi, kesehatannya tergantung pada asupan nutrisi dari ASI dan kualitas udara, serta lingkungan yang baik.

Inilah mengapa penggunaan air diffuser menjadi populer saat ini, karena bisa membuat kualitas di rumah atau ruangan menjadi lebih baik dan membantu pernapasan menjadi lebih lega. Cari juga minyak esensial yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuaikan produk air diffuser dengan kapasitas ruangan.

4. Menjaga asupan nutrisi

Asupan nutrisi yang dimaksud tidak hanya bermanfaat untuk ASI ibu menyusui, tapi juga yang bisa memberi nutrisi lengkap sehari-hari. Soya Cereal dari Cerealasi bisa menjadi pilihan bagi ibu menyusui untuk membantu kelancaran produksi ASI dan asupan nutrisi sehari-hari.

Soya Cereal dibuat dari kombinasi super food, seperti soya yang merupakan sumber protein dan dapat menstimulasi hormon oksitosin, serta meningkatkan produksi ASI, brewer's yeast yang tinggi asam amino, flaxseed yang mengandung phytoestrogen, fenugreek, dan oat, bentuk sreat kaya zat besi untuk mencegah anemia. Soya Cereal dihadirkan dalam varian rasa cokelat dan vanila.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading