5 Tips Mengembangkan Hubungan yang Sehat dengan Anak

Gayuh Tri Pinjungwati06 Okt 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 06 Okt 2021, 13:46 WIB
ibu dan anak

Fimela.com, Jakarta Hubungan tidak selalu tentang romansa. Hubungan antara orangtua dan anak juga menjadi hal penting. Bahkan ini menjadi cinta pertama dalam hidup seseorang. Ikatan batin adalah salah satu hubungan yang tidak dapat dipatahkan dan melebihi ikatan emosional apa pun.

Untuk memperkuat ikatan orangtua dan anak, dibutuhkan waktu berkualitas bersama. Selain itu ada beberapa cara lain yang dapat membantu Mom untuk memperkuat ikatan dengan anak. Yuk, langsung simak selengkapnya di bawah ini.

1. Lebih Sering Mengekspresikan Cinta

Anak-anak membutuhkan cinta, kasih sayang, dan perhatian dari orangtuanya. Cobalah untuk lebih sering menghabiskan waktu bersama anak dan katakan bahwa Mom mencintai mereka dengan lebih sering. Berikan mereka pelukan hangat, ini juga sebagai cara mengekspresikan cinta kepada anak.

2. Berkomunikasi dengan Anak

Pastikan Mom berkomunikasi dengan baik bersama anak-anak. Dengan cara ini, mereka akan belajar bagaimana menjadi lebih ekspresif dan akan membangun koneksi berdasarkan komunikasi. Akui perasaan mereka dan dengarkan perspektif mereka.

3. Ciptakan Tempat yang Aman

Sebagai orangtua, Mom perlu menciptakan ruang yang aman bagi anak-anak di mana mereka merasa terlindungi dan merasa diperhatikan. Mereka memiliki kebutuhan untuk didengar dan diketahui.

4. Dengarkan Mereka dan Bersabarlah

orangtua
ilustrasi ibu anak/Photo by Zun Zun from Pexels

Semuanya dimulai dengan menjadi pendengar yang sabar. Berempati dengan perasaan anak dan cobalah untuk berada disampingnya. Dengarkan semua keluhan mereka dan bersabarlah dalam menghadapi perilakunya.

5. Makan Bersama

Buat jadwal di mana Mom menghabiskan setidaknya 30-60 menit setiap hari dengan anak-anak tanpa gangguan. Cara lain untuk bersama anak-anak dan menghabiskan waktu berkualitas bersama mereka adalah dengan makan bersama. Seseorang dapat melakukan percakapan keluarga yang menyenangkan selama makan.

Nah, kira-kira apakah Mom memiliki cara lain untuk membangun ikatan dengan anak? Tetap luangkan banyak waktu untuk anak ya, Mom. Apalagi ketika memasuki usia tumbuh dan berkembang.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela