7 Tanda yang Paling Terlihat dari Ciri Bayi Cerdas Usia 4 Bulan

Vinsensia Dianawanti12 Okt 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 12 Okt 2021, 07:30 WIB
karakter zodiak

Fimela.com, Jakarta Memiliki bayi cerdas tentu menjadi kebanggaan orangtua. Di masa tumbuh kembangnya, tidak hanya penting untuk memberikan asupan nutrisi yang baik, melainkan juga kasih sayang dari orangtua yang membantu membentuk kecerdasan pada bayi.

Tanda bayi cerdas sebenarnya bisa dilihat dari pola perilakunya setiap hari. Sebagai orangtua, penting juga untuk lebih peka akan setiap tahap perkembangan bayi.

Dikutip dari sejumlah sumber, berikut beberapa tanda dan ciri bayi cerdas usia empat bulan.

1. Mampu membalikkan badan sendiri

Perlu dipahami bahwa melihat kecerdasan pada anak tidak melulu soal kognitif. Apalagi di usia yang masih di bawah satu tahun. Coba lihat lagi tingkah dan perilakunya setiap hari. Salah satunya mampu membalikkan tubuh mereka sendiri.

Terdengar sepele memang, namun kemampuan bayi yang bisa membalikkan tubuh sendiri menandakan bahwa ia memiliki tubuh yang sudah kuat. Jika sudah melihat tanda ini sebaiknya orangtua lebih awas terhadap gerakan aktifnya sehingga tidak terjadi hal -hal yang tidak diinginkan.

 

2. Mulai banyak bicara

nama bayi
ilustrasi ibu dan anak/copyright rawpixel

Jangan heran jika bayi sudah mulai cerewet Ini menandakan bahwa terjadi perkembangan yang cukup signifikan pada tumbuh kembangnya. Bayi yang sudah mulai bisa membentuk suara dan banyak bicara bisa dilatih lebih banyak dengan pengulangan kata, seperti ma-ma atau pa-pa.

3. Bisa berkomunikasi dengan cara tertentu

Ketika anak mulai menangis, jangan langsung dianggap bayi sedang rewel. Cek kembali apakah dia membutuhkan sesuatu. Bayi yang belum bisa bicara akan menggunakan bahasa tubuh sebagai caranya menyampaikan sesuatu. Bayi yang cerdas biasanya akan menggunakan cara menangis atau merengek untuk meminta sesuatu.

4. Tahu mana yang lucu

Bayi yang mudah tertawa terlihat menggemaskan bukan? Terkadang orangtua bingung apa yang sebenarnya membuat bayinya tertawa. Pada bayi yang cerdas, ia bisa membedakan mana hal yang lucu dan mana yang bukan. Ketika menemukan sesuatu yang lucu, ia akan lebih ekspresif dari biasanya.

 

5. Ekspresif

Pernahkah kamu melihat bayi memberikan ekspresi tertentu? Ingat kembali siapa orang-orang yang berada di sekitar bayi kamu belakangan ini. Bisa jadi bayi kamu mempelajarinya dari orang-orang terdekat. Ini merupakan suatu tanda yang baik yang menandakan bahwa ia cukup cerdas. Ekspresi cemberut, tertawa, dan muka jelek bisa ditiru oleh bayi yang cerdas.

6. Akrab dengan orang lain

Ada bayi yang enggan untuk bermain dengan orang yang jarang ia temui. Namun ketika ia sudah bisa terbuka dengan orang baru menandakan bahwa ia memiliki kecerdasan yang lebih baik. Ketika permainan bergulir dan kemudian berakhir, bayi yang cerdas bisa menunjukkan rasa sedih dan kemudian menangis.

7. Menendang kaki

Tidak hanya membalikkan tubuhnya sendiri, bayi usia 4 bulan sudah mulai bisa menggunakan kakinya untuk menendang atau mendorong sesuatu sambil berbaring. Yang perlu dilakukan orangtua adalah pastikan ia tidak menendang barang yang berbahaya atau menendang sesuatu yang akan menimpa tubuhnya.

Simak video berikut ini

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela