Sukses

Parenting

10 Kalimat yang Sering Diucapkan Orangtua dan Punya Dampak Berbahaya bagi Psikis Anak

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak orangtua yang menyadari bahwa kata-kata yang diucapkan seseorang bisa memiliki dampak yang besar. Terutama bagi anak-anak, orangtua kerap mengira bahwa mereka akan melupakan segalanya.

Namun ternyata apa yang orangtua katakan sebenarnya memainkan peran penting bagi psikis anak di masa tumbuh kembangnya. Dikutip dari Brightside, berikut 10 kalimat yang kerap diucapkan orangtua namun memberikan dampak negatif pada anak.

1. "Kamu baik-baik saja"

Ketika anak sedang kesal tentang sesuatu, atau jika mereka terluka dan mulai menangis, respons langsung orangtua mungkin mencoba menenangkan anak dan meyakinkan mereka bahwa semuanya baik-baik saja. Namun, itu mungkin bukan reaksi terbaik. Jika anak menangis, itu berarti ada sesuatu yang tidak beres, dan kamu harus membiarkan mereka merasakan emosinya. Kamu bahkan dapat membantu mereka memahami apa yang mereka rasakan dengan menjelaskan apa yang terjadi.

 

2. “Saya sedang diet.”

Frasa ini mungkin memberi pada anak pesan bahwa kamu tidak senang dengan penampilan dan itu dapat menular kepada mereka karena kamu adalah panutan mereka, dan mereka belajar segalanya dari orangtuanya. Itu berarti bahwa ini dapat menyebabkan anak memiliki masalah citra tubuh. Daripada jelaskan bahwa makan sehat membuat kamu merasa baik dan berolahraga juga merupakan sesuatu yang dilakukan untuk tetap sehat, tetapi juga jangan lupa berikan pesan bahwa itu bisa menyenangkan.

 

3. “Kami tidak mampu membelinya.”

Hindari membebani anak dengan situasi keuangan keluarga, yang dapat membuat stres dan menakutkan bagi mereka. Ini tidak berarti kamu harus membelikan mereka apa pun yang mereka inginkan dan berpura-pura semuanya baik-baik saja, tetapi kamu dapat memberi tahu mereka "tidak" menggunakan kata lain, tanpa memberi mereka lebih banyak informasi daripada yang dapat mereka tangani.

 

4. “Hati-hati.”

Jika kamu takut anakmu mungkin melukai diri mereka sendiri, misalnya, saat mereka melakukan sesuatu di taman bermain, kebanyakan orangtua ingin memperingatkan mereka. Namun hal ini mungkin sebenarnya merugikan mereka karena dapat mengalihkan perhatian.

Selain itu, jika terlalu sering menggunakan frasa ini, anak mungkin berpikir bahwa tidak aman berada di mana pun. Ini juga menghilangkan kesempatan mereka untuk berpikir sendiri. Jadi, sebagai gantinya, ajukan pertanyaan utama untuk membantu mereka mengetahui apakah aman untuk melakukan sesuatu dengan cara tertentu atau tidak.

 

5.

Baik itu memecahkan teka-teki atau membuat makanan untuk pertama kalinya, orangtua kerap ingin membantu anak melakukannya jika mereka kesulitan melakukannya dengan benar. Namun, jika terus menerus melakukan sesuatu untuk mereka, mereka mungkin tidak belajar melakukannya sendiri. Dan jika kamu terlibat terlalu cepat, anak mungkin berpikir mereka tidak akan pernah bisa melakukan apa pun tanpa bantuan orangtuanya. Sebagai gantinya, kamu dapat memberikan saran tidak langsung atau mengajukan pertanyaan yang akan membantu mereka menemukan solusi.

 

6. “Kamu membuatku sangat marah.”

Tentu saja, anak-anak perlu menyadari bahwa kata-kata dan perilaku mereka dapat memengaruhi perasaan orang lain. Namun, seharusnya tidak terdengar seperti kamu menyalahkan mereka atas perasaan yang kamu alami. Jadi, bahkan jika kamu marah dan kesal, penting untuk tetap tenang, yang akan menunjukkan kepada anak bahwa orangtua memiliki kekuatan untuk mengendalikan emosi, dan menjelaskan kepada mereka mengapa kamu merasa seperti itu.

 

7. “Jika… maka…”

Hindari menggunakan struktur ini yang berakhir dengan hukuman. Jika kamu mengatakan sesuatu seperti ini, itu mungkin terdengar seperti ancaman, dan mungkin juga membuat anak merasa bahwa kamu ingin menghukum mereka.

 

8. “Tunggu sampai ayah/ibumu pulang.”

Frasa ini mungkin menunjukkan kepada anak bahwa kamu tidak tahu bagaimana menghadapi perilaku buruk mereka. Itu juga membuat orangtua yang lain menjadi penjahat. Selain itu, menunda hukuman mungkin juga bukan ide yang baik, karena mungkin tidak seefektif jika melakukannya segera, menunjukkan kepada mereka perilaku apa yang tidak dapat diterima.

 

9.

Ungkapan ini mungkin terdengar bagi anak seperti kamu berharap keputusan mereka salah, seperti kamu menikmati bahwa mereka gagal. Sebaliknya, cobalah untuk menyajikan situasi dengan cara yang lebih objektif dan menganalisisnya bersama dengan anak.

 

10. “Jangan (melakukan sesuatu).”

Sering kali, ketika anak melakukan sesuatu yang tidak dianggap sebagai perilaku yang baik, mereka mungkin tidak menyadarinya. Dan ketika kamu menyuruh mereka berhenti, akan sulit bagi mereka untuk mengendalikan impuls mereka, dan bahkan lebih sulit lagi untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading