Anak Mulai Bosan Belajar, Coba Tiga Cara Ini yang Bikin Belajar Terasa Asik

Vinsensia Dianawanti21 Jan 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 21 Jan 2022, 15:30 WIB
Anak Mulai Bosan Belajar, Coba Tiga Cara Ini yang Bikin Belajar Terasa Asik

Fimela.com, Jakarta Ketika mendengar kata belajar, apa yang terlintas di benakmu? Tidak sedikit orang yang menganggap dan berpikiran bahwa belajar merupakan aktivitas yang membosankan. Selama aktivitas belajar kamu merasa dituntut untuk menghafal dan memahami rumus tertentu.

Kondisi ini tentu juga dialami oleh sebagian anak yang menempuh pendidikan di berbagai jenjang. Adakalanya anak merasa bosan untuk belajar meski telah didampingi oleh orangtua.

Sebagai seorang penyanyi yang mengutamakan pendidikan, Sherina merasa bahwa belajar sebenarnya merupakan aktivitas yang menyenangkan. Ia pun berbagi tips untuk menjadikan aktivitas belajar ini bisa lebih menyenangkan bagi anak.

 

1. Mulai dari ide dasar

Anak Mulai Bosan Belajar, Coba Tiga Cara Ini yang Bikin Belajar Terasa Asik
Sherina membeberkan bagaimana cara belajar yang menyenangkan bagi anak (Zenius)

Sherina sendiri selalu mulai dari ide dasar setiap kali baru mulai belajar. Ketika ide dasar ini terlihat menarik, ia baru merasa termotivasi untuk mempelajari hal tersebut. Selain lebih menarik, Sherina menilai cara ini akan membuat kita lebih mudah mempelajari sesuatu.

Ketika anak merasa sulit memahami materi, cara ini menjadi sangat tepat untuk diterapkan. Cobalah untuk mempelajari dasar materinya, perkuat pemahaman sampai betul-betul menguasai materi. Selain itu, anak cenderung tidak akan mudah lupa dengan materi yang sudah dipelajari.

2. Aktif berdiskusi

Saat mendampingi anak belajar, orangtua tidak hanya menunggui di sampingnya melainkan juga terlibat aktif. Salah satunya dengan mengajaknya diskusi. Menurut Sherina, berdiskusi akan melatih kemampuan anak untuk berpikir kritis dan membangun argumen. Selain itu, anak juga akan mendapatkan pandangan dari berbagai perspektif.

3. Baca sejarah

Ini yang kerap kali Sherina lakukan dengan membaca sejarah para ilmuwan, seperti Feynman, Hawking, dan Carl Sagan. Dengan melakukan hal ini, Sherina merasa termotivasi untuk terus belajar karena lebih menghargai ilmu yang berasal dari pemikiran para ilmuwan.

Simak video berikut ini

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela