6 Makanan Bernutrisi yang Bisa Bantu Anak Tumbuh Tinggi

Fimela Reporter03 Des 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 03 Des 2021, 08:30 WIB
Ilustrasi/copyrightshutterstock/ucchie79

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua, tentu menginginkan anak tercinta agar tumbuh sehat dan mencapai tinggi optimal. Bagi anak, tinggi badan juga menjadi salah satu yang mempengaruhi kepercayaan diri mereka. Sesungguhnya tidak ada yang salah dengan anak yang pendek untuk usianya atau tumbuh sedikit lebih lambat dari teman-temannya. Karena, tinggi badan biasanya ditentukan oleh gen.

Namun, terdapat penelitian yang menemukan faktor eksternal seperti makanan yang dikonsumsi oleh anak bisa mempengaruhi tinggi badan di masa pertumbuhannya. Ada pun tiga faktor lainnya seperti gen, diet dan gaya hidup. Meski gen tidak dapat diubah, tetapi orangtua bisa memastikan anak memiliki pola makan dan gaya hidup yang sehat demi mendukung pertumbuhannya. Salah satunya dengan memberikan makanan bernutrisi tinggi yang cukup.

Beberapa nutrisi yang bisa membantu anak tumbuh tinggi antara lain protein, karbohidrat, mineral dan vitamin. Dilansir Health Shots, Senin (15/11/2021), sebuah penelitian yang diterbitkan di Public Health Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi susu, ayam dan makanan hewani lainnya merupakan cara terbaik agar anak bisa tumbuh tinggi.

Tinggi badan anak yang tidak sesuai standar bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi penting dalam makanan mereka. Maka, penting untuk anak mengonsumsi makanan bernutrisi demi memiliki tinggi badan yang optimal. Berikut daftar makanan bernutrisi bagi anak dalam menambah tinggi badannya yang telah Fimela rangkum dari beberapa sumber.

1. Susu

anak minum susu
ilustrasi/copyrightshutterstock/DONOT6_STUDIO

Tak asing lagi jika membicarakan susu agar anak bisa tumbuh tinggi. Susu memang dapat membantu dalam mendukung pertumbuhan dengan kandungan beberapa nutrisi yang penting bagi kesehatan tulang, termasuk kalsium, fosfor dan magnesium. Selain itu, susu kaya akan protein yang hampir sama dengan 8 gram nutrisi dalam satu 1 cangkir susu (244 ml).

Susu mampu meningkatkan pertumbuhan otot tanpa lemak dan menjaga tulang tetap kuat. Hal ini juga bisa membuat sistem kekebalan anak lebih kuat. Dengan demikian, jika anak mengonsumsi susu, maka mereka bisa memenuhi kebutuhan harian kalsium, vitamin D dan protein.

2. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau
Ilustrasi Sayuran Hijau Credit: freepik.com

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung sangat berperan penting dalam hal nutrisi. Umumnya, sayuran hijau menawarkan sejumlah vitamin C, kalsium, zat besi, mineral, magnesium dan kalium. Sayur juga kaya akan vitamin K, di mana nutrisi ini dapat meningkatkan kepadatan tulang untuk mendukung pertumbuhan serta menjaga tinggi badan anak.

Brokoli, bayam, kembang kol dan sayuran lain yang disukai anak sangat bermanfaat bagi anak untuk menambah tingginya dan memastikan mereka mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dalam perkembangan tubuhnya secara keseluruhan.

3. Almond

Kacang almond penuh dengan banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak untuk tumbuh lebih tinggi. Selain itu, almond juga memberikan sejumlah lemak sehat, vitamin E, serat yang tinggi dan magnesium. Dengan begitu, almond mampu membantu dalam menjaga kesehatan tulang.

4. Telur dan Ayam

Telur
Ilustrasi Telur Credit: unsplash.com/Louis

Protein menjadi salah satu nutrisi yang tidak dapat diubah dengan apa pun. Ini merupakan bahan yang paling dibutuhkan dengan fungsi baiknya dalam memenuhi nutrisi lain dan memastikan pertumbuhan tinggi badan yang tepat.

Telur sangat kaya protein dan mengandung banyak vitamin termasuk vitamin D, di mana ini dapat meningkatkan penyerapan kalsium untuk membantu menjaga kesehatan tulang serta mineral lain yang diperlukan untuk pertumbuhan. Ayam yang juga kaya akan protein ini sangat tinggi vitamin B12 yang penting untuk tumbuh tinggi dan menjaga tinggi badan anak.

5. Buah Berry

Mulai dari blueberry, stroberi, blackberry dan raspberry memiliki nutrisi yang penting. Buah beri sangat tinggi vitamin C yang mendorong pertumbuhan sel, perbaikan jaringan, bisa meningkatkan sintesis kolagen di mana ini merupakan protein paling banyak di dalam tubuh. Tak hanya itu, buah berry juga menawarkan berbagai vitamin dan mineral lainnya, seperti serat dan vitamin K.

6. Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti kacang merupakan sumber protein, zat besi dan vitamin B yang baik. Semua nutrisi ini meningkatkan perkembangan anak dan meningkatkan metabolismenya. Protein ini telah terbukti bisa meningkatkan faktor pertumbuhan seperti insulin yakni hormone penting yang mengatur pertumbuhan pada anak- anak. Selain itu, kacang kaya akan beberapa nutrisi lain seperti serat dan magnesium.

Nutrisi memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak yang tepat. Oleh karena itu, Sahabat Fimela bisa memberikan konsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi untuk memastikan anak bisa tumbuh tinggi dengan baik.

 

*Penulis: Atika Riyanda Roosni.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela