Sukses

Parenting

Bacaan Doa agar Anak Sehat, Cerdas, dan Bermanfaat Ilmunya, Orangtua Wajib Tahu

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua tentu berharap agar anaknya tumbuh menjadi pintar dan cerdas. Tentu saja, mendidik dan memberikan ilmu kepada anak merupakan kewajiban bagi orangtua.

Selain itu, berdoa juga penting untuk selalu diamalkan oleh orangtua agar buah hatinya menjadi pintar dan cerdas. Sebab, kecerdasan itu merupakan anugerah dari Allah SWT. Sehingga untuk mendapatkannya, diperlukan izin dan rida atas-Nya.

Terlebih, doa orang tua adalah doa yang mustajab, sebagaimana hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk memilih doa untuk anak yang tepat dan berarti paling baik untuk dipanjatkan.

“Barang siapa yang menginginkan doanya dipenuhi Allah ketika ia dalam kesulitan, maka hendaklah ia memperbanyak doa di waktu lapangnya.” (H.R. Tirmidzi dan Hakim).

Lebih lanjut, berikut beberapa doa agar anak sehat, cerdas, dan bermanfaat ilmunya. Dilansir dari beragam sumber, simak kumpulan doanya di bawah ini:

1. Doa agar Anak Dianugerahi Kecerdasan

Allahummamla' quluba auladina nuran wa hikmatan wa ahlihim liqobuli ni'matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya,

"Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

2. Doa agar Ditambahkan Ilmu

“Robbi zidni’ ilmaa, warzuqni fahma waj’alnii minash shoolihin”

Artinya:

"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh."

3. Doa untuk Anak Agar Bertakwa, Berbakti, Sehat dan Mendapat Berkah

Berdoa sesungguhnya dapat dipanjatkan dengan bahasa apa saja. Namun sebagai umat Islam, tak ada salahnya untuk memanjatkan doa untuk anak yang diambil dari kutipan ayat-ayat kitab suci Alquran dan doa-doa lain dalam bahasa Arab dengan arti yang baik. Berikut adalah beberapa pilihan doa untuk anak yang bisa dilafazkan:

"Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama"

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa" (QS.Al-Furqon : 74)

4. Doa untuk Anak agar Berbakti pada Orangtua dan Taat pada Allah

"Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho'atik, war zuqniy birrohum."

Artinya: "Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka."

5. Doa untuk Anak agar Pintar dan Bermanfaat bagi Umat.

"Allaahummam-la' quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah."

Artinya: "Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading