Sukses

Parenting

Pelajari Pertolongan Pertama Jika Anak Sakit Gigi

 

Fimela.com, Jakarta Sakit gigi yang dialami sebagian besar anak-anak dan orang dewasa disebabkan karena kerusakan gigi. Kerusakan gigi berasal dari bakteri yang hidup dan berkembang biak di mulut dari gula dan pati dalam makanan yang kita makan.

Kemudian bakteri tersebut membentuk plak lengket yang menempel di permukaan gigi kita. Asam yang dihasilkan oleh bakteri dalam plak dapat memakan lapisan putih yang keras di bagian luar gigi atau enamel dan menciptakan rongga. 

Tanda pertama pembusukan ditandai dengan sensasi sakit saat makan sesuatu yang manis, sangat dingin atau sangat panas. Terkadang pembusukan akan terlihat seperti bintik cokelat atau putih pada gigi.

Melansir dari mayoclinic, berikut langkah-langkah pertolongan pertama sakit gigi pada anak yang bisa kita lakukan sampai membuat janji temu dengan dokter gigi;

 

 

Indikasi Segera Temui Dokter Gigi

1. Kumur dengan air hangat

2. Gunakan benang gigi untuk menghilangkan partikel makanan atau plak yang terjepit di antara gigi

3. Pertimbangkan untuk memberikan pereda nyeri yang dijual bebas untuk meredakan rasa nyeri. (Jangan letakkan aspirin atau obat penghilang rasa sakit lainnya langsung pada gusi karena akan membakar jaringan gusi).

4. Jika sakit gigi disebabkan oleh trauma pada gigi, kompres gingin bagian luar pipi

Jika rasa sakit bertahan lebih dari satu atau dua hari, diiringi demam, memiliki tanda dan gejala infeksi seperti bengkak, nyeri saat digigir, gusi merah, keluar cairan berbau tak sedap sampai kesulitan bernapas dan menelan, segera hubungi dokter.

#WomenForWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading