5 Makanan untuk Ibu Hamil agar Bayi Cerdas dan Sehat

Baiq Nurul Nahdiat29 Jan 2022, 17:45 WIB
Diperbarui 29 Jan 2022, 19:37 WIB
Makanan untuk Ibu Hamil agar Bayi Cerdas

Fimela.com, Jakarta Bagi ibu hamil, menjaga makanan yang dikonsumsi adalah hal yang perlu diperhatikan. Sebab, makanan yang dikonsumsi harus baik bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin. Tetapi, apakah Mom tahu kalau ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat hamil yang tak hanya membantu perkembangan janin namun juga membantu perkembangan otaknya, sehingga bayi yang lahir tak hanya sehar namun juga cerdas.  

Berikut ini beberapa makanan untuk ibu hamil agar anak cerdas.

1. Ikan

Ikan termasuk makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menudukung perkembangan dan pertumbuhan otak janin dalam kandungan.

2. Bayam

Selain menjadi sumber energi, batam juga mengandung nutrisi penting bagi kesehatan ibu hamil agar bayi menjadi cerdas. Bayam mendandung asam folar yang berfungsi untuk pembentukan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Selain itu, asam folat juga berguna untuk mencegah bayi lahir cacat.

3. Telur ayam

Makanan untuk Ibu Hamil agar Bayi Cerdas
Makanan untuk Ibu Hamil agar Bayi Cerdas. (ilustrasi perempuan hamil/ae ssp/Shutterstock)

Telur mengandung banyak nutrisi seperti protein, omega-3, asam folat, kolin, berbagai vitamin dan juga mineral. Berbagai nutrisi pada telur tersebut sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil dan menunjang perkembangan otak bayi agar cerdas.

4. Daging

Selain menjadi sumber protein, daging merah juga kayan akan vitamin B dan zat besi yang baik dikonsumsi ibu hamil. Nutrisi yang terkandung dalam daging juga diklaim dapat membantu perkembangan otak, pembentukan otot dan jaringan pada bayi.

5. Susu

Makanan untuk Ibu Hamil agar Bayi Cerdas
Makanan untuk Ibu Hamil agar Bayi Cerdas. (Ilustrasi/Shutterstock.com/WitthayaP)

Susu juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karean mengandung zat besi yang dapat membantu pertumbuhan otak janin dan membantu meningkatkan fungsi kognitif otak bayi.

Selain makan di atas, makanan lainnya yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil agar bayi cerdas antara lain, seperti sayuran hijau, alpukat, kacang polong, sereal, ubi dan sebagainya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela