Sukses

Parenting

Anak Demam Pasca Imunisasi, Begini Tips Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Setiap anak wajib menerima imunisasi demi mencegah penyakit menyerang dirinya. Imunisasi lengkap terdiri dari imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan. Sejak bayi, anak sudah bisa diberikan imunisasi. Biasanya, imunisasi dasar anak diberikan kepada bayi setiap bulan secara bertahap sejak satu bulan usia bayi. 

Ketika dilakukan imunisasi, tidak jarang anak akan mengalami demam pasca imunisasi. Demam yang dialami anak adalah suatu yang wajar. Ini menunjukkan bahwa tubuh anak merespon positif vaksin yang disuntikan saat imunisasi dan telah membentuk imun baru yang lebih kuat dalam melawan virus dalam vaksin. 

Saat mendapati anak mengalami demam pasca imunisasi, sebaiknya jangan panik dulu Mom. Terlalu panik dan khawatir karena mendapati anak demam justru akan membuatmu kesusahan dalam menjaga dan menurunkan demam anak. Melansir dari laman WebMD.com, berikut tips mengatasi demam anak pasca imunisasi. 

Tips Mengatasi Demam Anak Pasca Imunisasi

Kompres Air Hangat

Langkah pertama untuk menurunkan demam anak adalah dengan mengompres anak dengan air hangat. Kompres dahi anak dan paha atau tangan bekas suntikan imunisasi. Mengompres dengan air hangat akan membuat suhu badan anak menurun menyesuaikan dengan suhu kompres. 

Kenakan Pakaian Longgar

Pastikan untuk mengenakan pakaian longgar ke anak selepas imunisasi. Pakaian yang longgar akan membuat anak merasa lebih nyaman. Ini juga menurunkan risiko adanya gesekan dari baju anak ke bekas suntikan pasca imunisasi. Tak hanya longgar, usahakan untuk memberikan anak baju tipis dan dingin. 

Perbanyak Asupan ASI

Usahakan untuk mengASIhi lebih banyak lagi. Semakin banyak waktu Mom untuk memberikan ASI ke buah hati yang masih bayi secara langsung, maka anak akan merasa semakin nyaman dan cepat sembuh dari demamnya. Untuk anak yang sudah tidak minum ASI, luangkan lebih banyak waktu Mom untuk menemani si kecil. 

Jaga Ruangan Agar Tetap Sejuk

Jaga ruangan kamar atau rumah tetap sejuk. Ruangan yang sejuk akan membuat anak merasa lebih nyaman. Selain memastikan ruangan sejuk, pastikan juga ruangan bersih, bebas nyamuk dan sehat untuk anak. 

Berikan Obat Penurun Demam

Berikan obat penurun demam ke anak pasca imunisasi. Ada banyak obat penurun demam yang dijual bebas di apotek terdekat. Obat penurun demam bisa berupa ibuprofen dan paracetamol. Kedua obat ini aman untuk anak-anak bahkan untuk anak dengan usia di bawah 6 bulan. 

Itulah beberapa tips mengatasi demam pada anak pasca imunisasi. Jika demam pada anak tidak turun lebih dari 4 hari, jangan ragu untuk segera membawa anak ke bidan atau dokter terdekat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading